Sahabat Polisi Indonesia Gelar Diskusi: Sosok Kapolri Baru, Negara Butuh Apa?

serangtimur.co.id
Jumat, Januari 08, 2021 | 23:26 WIB Last Updated 2021-01-08T16:26:53Z



JAKARTA | Sahabat Polisi Indonesia adalah organisasi masyarakat sipil, sebagai wadah yang menjembatani dan corong masyarakat terhadap Polisi dan sebaliknya menjembatani institusi Kepolisian terhadap masyarakat yang muaranya menciptakan tatanan kehidupan yang aman dan damai.


Mengikuti dinamika jelang pergantian pucuk pimpinan institusi Polri yang hingga hari ini masih misterius sosoknya siapa, meski sejumlah nama sedang santer dibicarakan di lini masa.


Persamaan dinamika ini kami Sahabat Polisi Indonesia,  kemudian berinisiatif menggelar diskusi publik yang bertema sosok Kapolri baru negara butuh apa?, dengan harapan Kapolri yang dipilih Presiden RI Joko Widodo bukan karena faktor kedekatan emosional semata, tetapi memilih tokoh perwira tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan bernegara hari ini.


"Kami berharap bahwa forum dialog yang kami gagas bisa memberi kontribusi pemikiran dalam menentukan kriteria yang paling ideal sesuai kebutuhan negara saat ini," ujar Fonda Tangguh selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Sahabat Polisi Indonesia, Jum'at (08/01/2021).


Sementara itu, Muhammad Anas R. A selaku Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia dalam forum diskusi ini menyatakan, bahwa Kapolri yang dipilih Presiden RI Joko Widodo boleh jadi menyuguhkan keputusan politik sensasional bagaimana Kapolri baru boleh jadi tidak populer yaitu sosok perwira tinggi yang jarang disebut di media dan kurang dikenal publik, selanjutnya boleh jadi tidak seperti biasanya yaitu bukan berasal dari Akpol dan atau tidak pernah menjabat Kapolres Kapolres selama masa dinas.


Lanjutnya, yang menarik adalah jika tradisi penentuan Kapolri ada perubahan kalau selama ini hanya satu nama yang dikirim ke DPR menurut saya Presiden RI Joko Widodo perlu membuat tradisi baru dengan mengundang semua Pati yang memenuhi syarat secara kepangkatan dan karir untuk mengikuti fit and proper test agar Presiden RI bisa menilai sendiri siapa Kapolri yang sesuai visi Presiden RI Joko Widodo.


Sebagai narasumber dalam diskusi tersebut, yakni Wakil Ketua DPR RI Dr. H. M Azis Syamsudin, Kompolnas H. M. Dawam, Akademisi Dr. Andi Irmanputra Sidin, Ketua Umum DPN SPI Fonda Tangguh S.H, MH, Pengamat Politik Fixpol Muhammad Anas, RA.


#Redaksi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sahabat Polisi Indonesia Gelar Diskusi: Sosok Kapolri Baru, Negara Butuh Apa?

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan