Mengetahui Dermaga Exekutif Pelabuhan Merak-Banten, Sosoro, Apa itu Sosoro?

serangtimur.co.id
Selasa, Juni 04, 2019 | 03:22 WIB Last Updated 2019-06-03T20:22:53Z


CILEGON, SERANGTIMUR.CO.ID - Pertama yang ada di Indonesia dengan sebutan  Dermaga Eksekutif Sosoro yang berada di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Banten. Apa yang disebut istilah Sosoro.?

Penyebutan nama Sosoro adalah istilah rumah adat dari Suku Baduy yang ada di Provinsi Banten. Dari informasi yang didapat dari berbagai sumber, yakni rumah adat Sulah Nyanda dibagi dalam 3 ruangan yaitu bagian Sosoro (depan), Tepas (tengah) dan Imah (belakang). Masing masing ruangan berfungsi sesuai dengan rencana pembuatan.


Kemudian, pada bagian depan rumah atau yang biasa disebut Sosoro berfungsi sebagai ruang penerima tamu. Hal ini dikarenakan tamu tidak diperkenankan masuk ke dalam rumah. Sosoro sendiri mempunyai fungsi lainnya yaitu digunakan sebagai tempat bersantai dan menenun bagi kaum perempuan.

Bentuk bagian depan ini berbentuk melebar ke samping dengan lubang di bagian lantainya. Sedangkan bagian tengah atau biasa disebut Tepas digunakan untuk aktivitas tidur dan pertemuan keluarga. Sementara pada bagian belakang rumah atau biasa disebut Imah digunakan sebagai tempat untuk memasak serta menyimpan hasil ladang dan beras. Tiap ruangan ini dilengkapi dengan lubang pada bagian lantainya.

Fungsi dari lubang di lantai rumah Suku Baduy berfungsi sebagai sirkulasi udara. Ini dikarenakan rumah adat Suku Baduy tidak dilengkapi dengan jendela. Ada tujuan tidak dibangunnya jendela agar para penghuni rumah yang ingin melihat keluar,  diharuskan pergi untuk melihat sisi bagian luar rumah.


(Agus)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengetahui Dermaga Exekutif Pelabuhan Merak-Banten, Sosoro, Apa itu Sosoro?

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan