Hari Pertama Gelar Operasi Patuh, Satlantas Polres Serang Kota Tindak 50 Pelanggaran

serangtimur.co.id
Kamis, Agustus 29, 2019 | 18:05 WIB Last Updated 2019-08-29T11:05:23Z


SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG | Hari pertama operasi Patuh Kalimaya di Polres Serang Kota Polda Banten, 29 Agustus 2019, berhasil menindak 50 pengendara yang melanggar ketertiban dan keselamatan lalu lintas. Pelanggaran ini naik dibandingkan tahun lalu di hari pertama, sebanyak 42 pelanggar.

"Pelanggaran naik 19 persen. Tahun lalu 42 pelanggar, tahun ini 50 pelanggar," kata Kasatlantas Polres Serang Kota Polda Banten AKP Ali Rahman, S.I.K., diemui disela-sela operasi Patuh Kalimaya di Kota Serang, Kamis (29/08/2019).

Penindakan ini berjalan efektif dan diharapkan membuat efek jera bagi pelanggar lalu lintas, agar lebih tertib dalam berkendara di jalan raya. Sehingga mengurangi angka kecelakaan.

Metode yang digunakan oleh Satlantas Polres Serang Kota ada dua, yakni sistem hunting dengan cara patroli. Metode kedua dengan cara stationer atau diam ditempat dengan menggelar razia.

"Sistem hunting memang saat ini kami kedepankan, yang dalam prakteknya anggota kami tetap seperti biasa melakukan kegiatan (patroli dan pengaturan lalulintas). Namun jika ada masyarakat yang melakukan pelanggaran, maka akan kami lakukan penindakan hukum," terangnya.

Operasi Patuh Kalimaya di Daerah hukum Polres Serang Kota sebagai ibu kota Provinsi Banten, berfokus pada tiga sasaran, yakni pengendara dibawa umur, melawan arus dan tidak menggunakan helm SNI. Terbukti di hari pertama operasi, terdapat 28 orang yang tidak menggunakan helm berstandar SNI. Selain menindak dengan tilang, pengemudi pun dihimbau untuk mentaati aturan lalulintas dan mengutamakan keselamatan berkendara.

Meski fokus pada tiga program penegakan hukum tersebut, Ali mengaku tetap menjalankan penegakan hukum lalulintas lainnya yang berpotensi kecelakaan.

"Tetapi kami tidak menutup kemungkinan, penindakan hukum akan dilakukan terhadap pelanggaran lain yang berpotensi terhadap kecelakaan lalulintas dan mencelakakan orang lain," ujarnya.

Operasi Patuh Kalimaya akan berlangsung sejak 29 Agustus hingga 11 September 2019. Harapannya, masyarakat yang mengendarai kendaraan bermotor, bisa lebih patuh terhadap aturan lalulintas dan keselamatan di jalanan.

"Operasi Patuh Kalimaya 2019 ini, lebih kepada penegakan hukum dan lainnya akan dilakukan sosialisasi, tindakan prefentif, yaitu melaksanakan patroli dan giat lainnya," jelasnya.

(Redaksi)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Pertama Gelar Operasi Patuh, Satlantas Polres Serang Kota Tindak 50 Pelanggaran

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan