-->

Jumat, 01 November 2019

Tatu Chasanah Minta Karang Taruna Sinergi dengan OPD



SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG | Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah Usai meminta, kemitraan antara Karang Taruna (KT) dengan Pemkab Serang bisa dijalankan dengan membantu kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan mengawasi agar program yang dijalankan bisa sampai hingga tingkat Desa. Hal itu, dikatakan Tatu setelah melantik pengurus Karang Taruna Kabupaten Serang masa bhakti 2019-2024 di Aula Tb Suwandi Setda Pemkab Serang, Jum'at (1/10/ 2019).

Tatu meyakini, Pengurus Karang taruna Kabupaten Serang yang baru dilantik didominasi usia muda dengan semangat masih tinggi untuk melakukan pergerakan secara masif.

"Mereka semangatnya tinggi bisa lebih tangguh, ketemu persoalan dibawah tidak langsung patah arang atau patah semangat," ujarnya

Ia juga memastikan, dana hibah akan dipersiapkan setiap tahunnya untuk menjalankan program kerja yang akan dilakukan oleh Karang Taruna Kabupaten Serang.

"Saya minta program karang taruna sinkron dengan kegiatan OPD. Intinya, dana hibah harus efektif, efisien. Terpenting Karang Taruna tidak vakum karena persoalan anggaran," terang Tatu.


Ketua Karang Taruna Kabupaten Serang, Bahrul Ulum mengatakan, agendapertama yang akan dilaksnakan adalah rapat kerja daerah (Rakerda) sebagai pondasi kinerja karang taruna untuk lima tahun kedepan

"Jadi pada tahun 2020 itu mau bekerja apa, 2021 mau bekerja apa dan seterusnya," ujarnya.

Diketahui, saat ini Karang Taruna Kabupaten Serang sedang memperkuat kelembagannya dengan menempatkan pengurus sesuai tupkosi dan keahliannya.

"Saya berharap, tidak ada rangkap jabatan antara pengurus Kabupaten dengan Kecamatan. Kita Rakerda mungkin dilakukan pada awal tahun 2020," terangnya.


Ditanya soal permintaan anggaran, Bahrul Ulum yang juga Ketua DPRD Kabupaten Serang memastikan jika organisasi tidak akan bisa berjalan tanpa didukung oleh anggaran yang cukup.

"Kami sengaja pancing supaya OPD dalam hal ini juga bisa berkontribusi untuk kegiatan karang taruna," ujarnya.

Karena selama ini, sebut Ulum, OPD lain tidak ada kaitannya dengan karang taruna karena program karang taruna hanya ada di naungan Dinas Sosial (Dinsos). Padahal, banyak program-program perberdayaan yang ada di OPD selain dinsos bisa melibatkan Karang Taruna di Kecamatan dan Desa.


"Pengurus tingkat Kabupaten hanya cukup sebagai memonitoring dan membuat program kerja tapi pelaksanaan teknis kerja ada di kecamatan dan desa," jelas Ulum.

Terkait penggunaan dana hibah, rencana akan digunakan untuk  operasional program tingkat Kabupaten dan Kecamatan.

"Kalau di tingkat desa dirinya tidak begitu khawatir karena memang sudah ada di dana desa," paparnya.

(Redaksi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Kirimkan Komentar Anda di Kolom ini

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Terkini

SerangTimur.Co.Id

Wikipedia

Hasil penelusuran

Media Partner

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa