Terkait Peta Sebaran Covid-19 dan Daftar OTG, Ini Kata Kadinkes Kabupaten Serang

serangtimur.co.id
Jumat, September 25, 2020 | 00:32 WIB Last Updated 2020-09-24T17:32:17Z



SERANG | Terkait pemberitaan yang beredar di publik tentang Peta Sebaran Covid-19 zona merah di Kabupaten Serang dan dugaan 4 warga OTG di Desa Koper, Kecamatan Cikande Serang, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan, bahwa peta itu bukan menggambarkan zona Kabupaten Serang, tetapi jumlah kasus terkonfirmasi positif di masing-masing Kecamatan.


Sedangkan untuk konfirmasi tentang Orang Tampa Gejala (OTG), bisa di tanyakan ke pengelola data dan tim epidemiologi Dinkes.


Agus menyampaikan, petugasnya sedang ada kegiatan pengambilan swab di Dinas Pendidikan sampai jam 12 siang. Jadi untuk data lengkap dan rinci ada di seksi surveilance bidang P2P ibu Yeni dan pak Ade.


"Saat ini keduanya sedang ada kegiatan di Disdik, untuk pengambilan swab PCR. Saya belum bisa memberikan tanggapan," kata Agus, melalui WhatsApp, Kamis (23/9/2020).


Menurutnya, untuk hal tersebut, pihaknya harus melihat data dan informasi dulu dari pengelola (surveilance) Dinkes dan Puskesmas Cikande.


"Untuk data setiap hari kami sampaikan ke Gugus Tugas Kabupaten, untuk diolah dan di sampaikan," ujarnya.


Lanjut Agus, data dari Dinkes juga disampaikan ke surveilance Puskesmas dan untuk ditindaklanjuti oleh puskesmas, bila ditemukan konfirmasi positif (+) tanpa gejala (keluhan), memang disarankan untuk isolasi mandiri di rumah, atau bila Desa sudah jadi Kampung Tangguh Kalimaya, bisa diisolasi di rumah singgah.


Semetara, untuk kasus konfirmasi positif (+) yang mempunyai keluhan atau gejala sakit, akan dikirim (dirujuk) ke RSDP atau RS Banten.


"Dinkes selaku bidang penanganan kesehatan, harus melihat dulu data hasil lab nya. Setelah ada hasil lab, Dinkes sampaikan ke surveilance Puskesmas untuk di tindak lanjuti, melalui tracing ke yang bersangkutan, termasuk melihat kondisi yang bersangkutan. Apakah ada keluhan atau tidak ada keluhan/gejala sakit," tutup Agus.


#Gi_Redaksi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terkait Peta Sebaran Covid-19 dan Daftar OTG, Ini Kata Kadinkes Kabupaten Serang

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan