Polres Serang Gelar Ngaji Bareng Kapolda di Masjid As Salam Polres Serang


SERANG | Dalam rangka mendukung program Pendekar Banten, jajaran Polres Serang menggelar Ngaji Bareng Kapolda, di Masjid As Salam Polres Serang, Jl. Bhayangkara No 1 Cisait, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Kamis (28/1/2021).


Ngaji bareng yang digelar Polres Serang ini juga dihadiri Wakapolres Serang Kompol Didid Imawan, Kabag dan Kasat Polres Serang, Personil Satfung Polres Serang dan Ustad Maryadi dari Desa Gosara, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang.


Dalam kegiatan tersebut seluruh personil melaksanakan kegiatan mengaji Al-Qur'an dengan membaca Surat Yasin dilanjutkan dengan ceramah.


Pada kesempatan tersebut, Ustad Maryadi, menyampaikan, Nabi Muhammad SAW telah menyampaikan dalam hadist kepada umatnya untuk terus menuntut ilmu agama, dan Pembahasan pada saat ini yaitu mengenai salat sunnah.


Ustad Maryadi menjelaskan, terdapat beberapa shalat sunnah diantaranya Shalat sunnah Tahajud, Salat sunnah Istikhoroh, Salat sunnah taubat, salat sunnah hajat dan Salat sunnah tasbih. Dan Salat sunnah yang akan dibahas saat ini yaitu salat sunnah tasbih. 


"Salat tasbih adalah salat empat rakaat yang sepanjang salat tersebut, seseorang mengucapkan kalimat tasbih 300 kali. Salat ini dianjurkan untuk dikerjakan, paling tidak seumur hidup sekali," jelasnya saat memberikan tausiyah.


Sedangkan, lanjut Ustad Maryadi, Salat tasbih dikerjakan dengan 4 rakaat, dan dapat dilakukan pada siang hari atau malam hari. salat tasbih siang hari dapat dikerjakan dengan dua metode, yaitu 4 rakaat sekali salam atau 4 rakaat 2 kali salam (2 rakaat demi 2 rakaat). Sementara itu, salat tasbih malam hari dikerjakan 2 rakaat demi 2 rakaat.


Dijelaskan juga, Salat tasbih yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, kepada paman beliau, Abbas bin Abdul Muthalib diisi tasbih 300 kali yang dibagi ke dalam empat rakaat. Dengan demikian, setiap rakaat, seseorang akan membaca 75 kali tasbih.


"Jumlah 75 kali tasbih tersebut dibagi - bagi kembali ke dalam setiap gerakan salat," paparnya.


Setelah membaca Surah al-Fatihah dan surah pendek, pelaku salat tasbih membaca tasbih 15 kali. Setelah itu, usai tasbih rukuk, iktidal, tasbih sujud pertama, duduk di antara dua sujud, tasbih sujud kedua, dan duduk istirahat sebelum berdiri melanjutkan rakaat, pelaku salat membaca tasbih 10 kali dalam setiap gerakan tersebut.


Diketahui, untuk niat salat tasbih 4 rakaat sekali salam : Ushalli sunnat tasbīhi arba‘a rak‘ātin lillāhi ta‘ālā.


Niat salat tasbih 4 rakaat dua kali salam : Ushalli sunnat tasbīhi rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.


Sedangkan cara mengerjakan salat tasbih tidak jauh berbeda dengan cara pengerjaan salat lain. Yang membedakan adalah tambahan bacaan tasbih "Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar" dalam setiap gerakan salat dengan jumlah yang sudah ditetapkan.


Sementara itu, Kapolres Serang melalui Wakapolres Serang Kompol Didid Imawan menyampaikan, progam ngaji bareng Kapolda merupakan salah satu dari 12 progam commander wish Kapolda Banten. Selain dapat meningkatkan iman dan taqwa para personel polisi juga hal ini dapat menambah pahala.


"Alhamdulillah, kegitan Ngaji Bareng Kapolda telah kita laksanakan. Semoga kita semua mendapatkan kebarokahaan dari Allah SWT. Amin," tutupnya.


#Red


Post a Comment

0 Comments