Polda Banten bersama FKDP Provinsi Buka Gerakan Donor Darah Plasma Konvalesen

serangtimur.co.id
Selasa, Maret 09, 2021 | 15:17 WIB Last Updated 2021-03-09T08:17:27Z

SERANG | Kapolda Banten Irjen pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho S.H.,M.H.,M.B.A beserta FKPD Provinsi Banten membuka acara Gerakan Bersama Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen di Aula Serbaguna Polda Banten, Selasa (9/3/2021). Kegiatan Donor Plasma Konvalesen ini diikuti oleh Personel Polda Banten dan Personel Korem 064/MY yang sebelumnya melalui tahapan-tahapan sangat ketat.


Kapolda Banten Irjen pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho S.H.,M.H.,M.B.A mengucapkan terima kasih kepada para pendonor dari ratusan orang yang hendak di donor plasma konvalesen, hanya ada 13 yang lolos skrining, dari Polda Banten ada 11 Personel dan dari Korem 064/MY ada 2 Personel


"Saya mengucapkan terima kasih kepada para pendonor, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar," kata Rudy Heriyanto


Rudy Heriyanto menyampaikan bahwa Personel yang lolos donor darah plasma konvalesen ini Setelah melakukan skrining pengecekan ketat seperti pengambilan darah yaitu pemeriksaan jika memenuhi syarat seperti usianya Berusia 18 sampai 60 tahun Berat badan minimal 55 kg (sebab, pengambilan darah konvensional dengan kantong 450 ml). Hasil uji saring terhadap hepatitis B dan C serta HIV dengan NAT non-reaktif 11. Hasil skrining terhadap antibodi golongan darah negatif.


"Donor darah plasma konvalesen ini merupakan bentuk kepedulian empati berbagi dan motivasi penyintas covid-19 Polri dalam membantu pasien yang dirawat di rumah sakit. Donor plasma konvalesen diharapkan dapat meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian pasien covid-19,"ujar Rudy Heriyanto.


Sementara itu Kabidhumas Polda Banten Edy Sumardi menyampaikan bahwa Polda Banten bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten bersama Dinas Kesehatan Provinsi menggelar pelayanan donor plasma konvalesen, yang pada sebelumnya tanggal 01 Maret 2021 di Polda Banten dilakukan pengambilan darah dan skrining ketat dan yang memenuhi syarat dilakukan donor Plasma konvalesen saat ini.

"Kegiatan Donor Plasma konvalesen prosesnya dilakukan dengan sangat menerapkan Protokol kesehatan, dari proses registrasi, pemeriksaan hingga pelaksanaan donor plasmanya," ujar edy sumardi. 


Terakhir Edy sumardi mengajak masyarakat yang penyintas covid-19 untuk mendonorkan Plasma konvalesennya, serta untuk semua masyarakat mari bersama-sama ikut mencegah penyebaran Covid-19 selalu terapkan Protokol Kesehatan 5M Yaitu, Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan sabun, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas.


"Harapan kami dengan disiplin Prokes dan kita gelorakan akan menekan penyebaran Covid-19," ujarnya.


Di tempat yang sama, Sekretaris PMI Provinsi Banten Rahmat Fitriadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polda Banten dan Korem 064/MY atas ketersediaannya untuk donor plasma konvalesen.


"Jika donor plasma konvalesen sangat besar manfaatnya untuk kemanusiaan. Terlebih dapat membantu para pasien positif Covid-19," ujar Rahmat Fitriadi.

Rahmat Fitriadi menyampaikan Plasma konvalesen sendiri merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi


Sebelumnya, PMI Banten telah melakukan kegiatan yang sama di wilayah Tangerang Raya.


Mereka mendapatkan 250 kantong plasma yang langsung di distribusikan ke seluruh daerah di Banten.


Terkahir, pihaknya juga mengungkapkan, jika kebutuhan darah plasma konvalesen di Provinsi Banten sangatlah tinggi.


Ketua PMI Banten, Ratu Tatu Chasanah dalam sambutannya secara virtual mengatakan, kegiatan donor tersebut merupakan gerakan bersama yang terus digulirkan disemua daerah. Keberadaan darah tersebut kata dia, sangat berguna dan bermanfaat.


"Terutama saudara-saudara kita yang positif Covid-19 karena plasma konvalesen sangat membantu mereka," ujar Tatu.


#Redaksi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polda Banten bersama FKDP Provinsi Buka Gerakan Donor Darah Plasma Konvalesen

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan