Ikuti Webinar Kesehatan, Ketua Bhayangkari Cabang Serang: Eduksi Kesehatan Ini Sangat Bermanfaat

SERANG | Dalam rangka pencegahan dan penanganan nyeri punggung serta Vitamin D dimasa Pandemi Covid-19, Bhayangkari Cabang Serang ikut Webinar bersama Ketua Bhayangkari Banten, di Aula Mapolres Serang, Rabu (15/9/2021).


Dalam sambutannya ketua Bhayangkari Daerah Banten, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Webinar kesehatan tulang dengan tema "Pencegahan dan penanganan nyeri punggung serta Vitamin D dimasa Pandemi Covid-19".


"Jadi dalam kegiatan Webinar ini, kita dapat mengetahui cara pencegahan dan penanganan nyeri pada punggung langsung dari ahlinya karena kita akan hadirkan dokter Ortopedi," kata Ketua Bhayangkari Banten.


Sementara itu, selaku Nara sumber Kompol dr. Carles Siagian SpOT (K) Spine, mengatakan, bahwa peran penting tulang punggung untuk menopang tubuh kita secara keseluruhan maka perlu kita menjaga kesehatan dengan baik dengan memperhatikan dari keseharian kita.


Menurtnya, tulang diibaratkan sebagai pondasi agar tubuh bisa berdiri kokoh.


"Maka dari itu, menjaga dan memperkuat tulang sama pentingnya dengan menjaga bagian vital tubuh lainnya. Tulang belakang adalah satu tulang yang perlu anda perhatikan kesehatannya," ujarnya.

dr. Carles Siagian menyebut, tulang punggung atau tulang belakang adalah struktur pendukung utama bagi tubuh karena tulang ini akan menghubungkan berbagai bagian sistem muskuloskeletal pada tubuh.


Semantara untuk gejala dan penyebab nyeri pada punggung antara lain nyeri leher, nyeri melenjalar kekaki, baal kaki dan tangan, angkat beban terlalu berat, postur yang kurang baik saat beraktivitas, obesitas, benturan, cidera saat olahraga dsn posisi tidur yang salah.


Sedangkan, lanjutnya untuk penanganan awal pada nyeri punggung, yang harus dilakukan adalah istirahat, modifikasi aktivitas sehari-hari, terapi panas/es, obat nyeri, salep oles dan streching punggung.


dr. Carles juga menguraikan soal peranan penting Vitamin D pada kesehatan. Menurutnya, vitamin D adalah vitamin yang dapat larut dalam lemak. Artinya, vitamin D bisa disimpan dalam tubuh untuk waktu yang lama. Ada dua jenis utama vitamin D, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 (Ergocalciferol) berasal dari tumbuhan, bisa ditemukan pada beberapa jenis jamur. Sementara, vitamin D3 (Cholecalciferol) ditemukan pada ikan, minyak ikan, kuning telur, dan sinar matahari. Vitamin D dapat terbentuk secara alami ketika kulit terpapar sinar matahari secara langsung.


"Jadi vitamin D dibutuhkan oleh anak-anak hingga orang dewasa untuk menjaga kesehatan tulang. Selain berguna untuk tulang, masih banyak manfaat vitamin D yang bisa dirasakan oleh tubuh. Mulai dari mengatur kadar kalsium, sampai mencegah sejumlah penyakit serius," ungkapnya.


"Dan fortifikasi biasanya terdapat pada susu berguna untuk pembentukan dan mempertahankan tulang selain itu dapat mengurangi osteoporosis, hipertensi, kanker dan penyakit otoimun, anxietas, GERD, kolesterol tinggi," tutupnya.


Sementara itu, Ketua Bhayangkari Cabang Serang Ny. Vivi Yudha, mengatakan bahwa dalam webinar yang dihadiri seluruh Bhayangkari tentunya sangatlah penting. Menurut Vivi, eduksi kesehatan yang di sampaikan narasumber bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di saat pandemi ini.


"Kami ucapkan terima kasih. Webinar ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami dan seluruh Bhayangkari Cabang Serang. Dan ini akan dijadikan refrensi kami untuk menjaga kesehatan," ujarnya.


Diketahui, dalam webinar tersbut, turut hadir perwakilan Bhayangkari Cabang Serang, perwakilan Personil Polres Serang serta perwakilan ASN Polres Serang dan acara ditutup dengan penyerahan pelakat secara virtual.


(*/01_stc)






 

Post a Comment

0 Comments