• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Ngopi Weekend Bersama Kang Maman "Tawon Banten Coffe"

    serangtimur.co.id
    Saturday, October 02, 2021, Saturday, October 02, 2021 WIB Last Updated 2021-10-02T07:59:41Z

    SERANG | Memperingati Hari Kopi Internasional yang jatuh tanggal 1 Oktober, para penikmat kopi hanya sebagian kecil yang mengetahui hari besarnya olahan kopi yang di nikmati, hanya komunitas penikmat kopi saja yang mungkin tahu dan merayakannya dengan menikmati kopi bersama dengan teman-teman komunitasnya.


    Salah satu produk kopi khas Banten yaitu Tawon Banten Coffe produk unggulan asli perkebunan kopi yang berlokasi di kaki Gunung Karang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, jenis kopi yang diproduksi adalah jenis kopi robusta yang tanamannya sudah berumur 120 Tahun lebih.


    Bertekstur cenderung identik ada rasa gula aren, kacang-kacangan dan creamy dengan kandungan kafein yang sedang sehingga bisa di nikmati semua kalangan dan semua umur, Sabtu (2/10/21).

    "Perkebunan kopi ini warisan leluhur lokasi di kaki Gunung Karang Pandeglang yang usia tanamannya 120 Tahun lebih yang memang harus kita jaga dan olah dengan konsep ilmu kekinian tanpa harus merubah lingkungannya," ujar Kang Maman.


    Tawon Banten Coffe telah di rintis pada Tahun 2018  dengan sistem produksi rumahan dengan cara masih tradisional, mulai dari pemetikan dan proses penjemuran dengan proses sampai jd green Bean dan proses roasting sehingga menghasilkan rasa yang unik.


    "Saya masih mempertahankan proses tradisional mulai dari proses pemetikan sampai di tumbuk setelah di roasting, belum menggunakan mesin sama sekali, itulah yang membuat rasa menjadi unik," imbuhnya.

    Pemilik Brand Tawon Banten Coffe Kang Maman asli Pendeglang lulusan SMK ini sudah sering mengikuti event festival khusus produk kopi di tingkat Daerah dan Nasional.


    "Sudah sering mengikuti event - event  produksi kopi dalam festival kopi dan mendapatkan sertifikat kopi bermutu premium sampai speciality," paparnya.


    Kendala yang dialami mulai dari alat produksi sampai pemasaran masih menjadi tantangan kedepan tapi tetap optimis dalam memperkenalkan kopi khas Banten ini.

    "Peralatan mesin produksi memang terbatas dan pemasarannya-pun masih terbatas rekan-rekan komunitas melalui medsos, harapannya kopi di seluruh Banten menjadi brand produk kopi unggulan melalui Asosiasi Kopi Indonesia dengan tata niaga yang harus diperbaiki," tandasnya.


    Dengan kayakinan dan optimistis produk kopi ini sudah masuk pangsa pasar ekspor dengan tagline khusus.


    "Tawon Banten Coffe adalah Kopi Sultannya Banten," tutupnya.


    (*/Cecep)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Ngopi Weekend Bersama Kang Maman "Tawon Banten Coffe"

    No comments:

    Post a Comment

    Kirimkan Komentar Anda di Kolom ini

    Iklan

    Close x