Bangkitkan Semangat Gotong Royong Kades Bunar Ajak Warga Bersihkan Lingkungan

serangtimur.co.id
Minggu, Desember 19, 2021 | 20:41 WIB Last Updated 2021-12-19T13:41:45Z
Warga Desa Bunar melakukan kegiatan Gotong royong (ist)

TANGERANG | Salah satu giat kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat Desa adalah Kerja bakti di setiap lingkungan.


Kegiatan yang dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah kerja bakti bertujuan untuk membuat lingkungan sehat dan aman di sekitar desa bunar yang dilaksanakan secara bergotong royong, pada hari Minggu Pagi, (19/12/2120)


Kepala Desa Bunar, Kecamatan Sukamulya H.Muhamad Lukmanul Hakim bersama Perangkat Desa Bunar dengan mengintrusikan Jaro, RW, RT dan juga warga lingkungan sekitar melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan kali dan Pohon rindang sepanjang jalan di Kampung Panggang RT.05 RW.02 dan di Kampung Sindang Asih RT.03 RW.03 Desa Bunar.


Kepala Desa Bunar H.Muhammad Lukmanul Hakim menyampaikan, ia sangat mengapresiasi atas kekompakan warganya dalam melaksanakan kegiatan gotong royong diwilayahnya. 


"Alhamdulillah masyarakat antusias dan mendukung sekali dengan di adakannya gotong royong ini," ujarnya.


Selain untuk menjaga kebersihan, lanjutnya kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di Desa Bunar.


Dengan di adakannya gotong royong dan bersih-besih yang di laksanakan di lingkungan desa bunar ini, karena sekarang jamannya musim hujan, dan saya selaku kepala desa bunar tidak mau di lingkungan Desa Bunar ada kebanjiran atau pun hal-hal yang merugikan masyarakat.


Kerja bakti atau gotong royong ini rutin dilakukannya dalam setiap akhir pekan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini rentan dengan berbagai penyakit. Di antaranya penyakit demam berdarah dengue (DBD).


"Ini salah satu agenda rutin kita dalam upaya pencegahan dari berbagai pandemi penyakit diantaranya malaria atau DBD," ungkapnya.


Selain itu, kerja bakti ini juga membersihkan saluran air atau drainase yang ada di sepanjang jalan mulai dari beberapa lokasi kampung.


"Membersihkan rumput atau sampah pada drainase disepanjang jalan, hal ini untuk memperindah lingkungan sehingga nyaman bagi masyarakat," terangnya.


Apabila kita mampu menciptakan lingkungan yang bersih, hijau dan indah maka masyarakat yang tinggal dilingkungan tersebut akan menghirup udara yang segar, jauh dari berbagai penyakit, terutama penyakit yang melekat dengan curah hujan tinggi seperti DBD, malaria, diare, dan sebagainya.


"Saya yakin kemunculan penyakit yang identik dengan musim penghujan bisa ditekan, dengan kondisi perkampungan yang hijau dan asri," ungkapnya.


Sejatinya, menjaga kebersihan lingkungan tentu memerlukan peran penting dan dukungan masyarakat, contoh terkecilnya, yakni dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, memilah sampah yang bisa menampung air, sekaligus bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal.


"Wujudkan desa Bunar selalu bersih, sehat, aman dan nyaman, seluruh kelompok masyarakat dapat ikut bersama-sama membiasakan diri dalan pola hidup bersih dan sehat," harapnya.


[Noy]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bangkitkan Semangat Gotong Royong Kades Bunar Ajak Warga Bersihkan Lingkungan

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan