Diskominfosatik Kabupaten Serang Ajak IPPNU Sinergi Adakan Literasi Digital

Ansori S
Sunday, December 12, 2021 | 20:27 WIB Last Updated 2021-12-12T13:27:54Z
Foto: Istimewa

SERANG | Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya mengajak kepada Pengurus Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama atau IPPNU untuk sinergi dalam mengadakan literasi digital. Yang mana tujuannya untuk bisa memanfaatkan menggunakan internet yang sehat, bijak, aman dan berbudaya.


"Empat pilar ini sebetulnya bagaimana saat ini kondisi generasi kita kalau kita lihat sekarang ini, bagaimana menggunakan internet mungkin lebih banyak bermain game. Nah, ini mungkin menjadi perhatian kita bersama bagaimana generasi - generasi kita ini, akan menjadi pemimpin-pemimpin yang akan datang," ujar Anas.


Hal itu disampaikan Anas saat memberikan sambutan pada Pelantikan Ketua dan Pengurus Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama atau IPPNU masa bhakti 2021-2023 di Aula Tb Suwandi Setda Kabupaten Serang pada Ahad, 12 Desember 2021.  


"Adik-adik ini calon-calon pemimpin masa-masa yang akan datang, pasti. Jadi saat ini tentunya kami berdiri di tengah orang-orang yang hebat, orang - orang yang akan membawa perubahan di Kabupaten Serang, Provinsi Banten bahkan Indonesia," kata Anas.

 

Dengan begitu, Anas sangat berharap dengan pelantikan Ketu dan Pengurus Organisasi IPPNU akan di kelola secara baik, sehat kemudian bisa memberikan sumbangan untuk masyarakat - masyarakat yang ada di sekitarnya. Hal itu sebagai salah satu contoh pengunaan teknologi informasi saat ini yang sedang marak.


"Maka kami berharap bisa bekerjasama dengan mengadakan literasi digital, pembelajaran tentang digital karena mungkin saat ini kita belum berpengaruh banyak, tapi nanti lima tahun kedepan, sepuluh tahun kedepan mereka yang akan menjadi pemimpin-pemimpin di tingkat kabupaten, tingkat nasional bahkan internasional," papar Anas.


"Jadi kami berharap dengan peran IPPNU ini di Kabupaten Serang kita dapat berkolaborasi melakukan kerjasama, bukan hanya itu (literasi digital) tapi banyak hal yang bisa kita lakukan ditengah kondisi seperti ini," katanya.


Terkait Pelantikan Ketua dan Pengurus IPPNU, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) ini juga berharap membawa angin segar bagi pembangunan di Kabupaten Serang. Karena apa, karena sebagaimana diketahui bersama saat ini tentunya Kabupaten Serang juga banyak mengalami berbagai persoalan. 


"Persoalan ini tentunya tidak dapat di kerjakan sendiri oleh Pemkab Serang, tapi memerlukan sinergi dari berbagai elemen dan komponen, salah satunya IPPNU yang ada di Kabupaten Serang ini," ungkap Anas.


Lebih lanjut Anas berharap, dengan kehadiran para pengurus IPPNU yang baru memberikan semangat perubahan terutama saat ini banyak di lihat kemajuan teknologi informasi dimana kemajuan teknologi informasi ini seperti pisau bermata dua.


"Artinya, kalau bisa yang satu arah bisa memberikan memberikan manfaat yang besar, tapi satu arah lagi bisa memberikan bahaya yang negatif buat generasi yang akan datang," urai Anas.


"Sebagai contoh apa, mungkin banyak sekarang berita hoax yang kita terima lalu kita sebarkan kembali, tetapi banyak berita-berita yang positif mungkin berhenti di tangan kita, tidak bisa kita sebarkan kembali. Mungkin ini jadi pelajaran kita," tutur Anas.


Ketua dan Pengurus PC IPPNU Kabupaten Serang dilantik oleh Ketua PW IPPNU Banten, Siti Ida Nurholidah yang juga dihadiri Sekretaris Diskominfosatik, Hartono, Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Informasi Publik (KIP) Ari Arumansyah, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Serang,  KH Tubagus Khudori Yusuf, Ketua PC NU Tanfidiyah Kabupaten Serang, KH Robbi Ulfi, dan Perwakilan Kanwil Kemenag Kabupaten Serang.


Ketua PC IPPNU Kabupaten Serang Siti Homsah mengaku siap atas ajakan Diskominfosatik terkait literasi digital.


"Kami siap, mohon support dan bimbingannya dari Diskominfosatik. Terima kasih sudah membimbing, memfasilitasi bahkan membantu sampai ada di pelantikan dan memberikan sambutan," ujarnya.


Selain itu, Siti Himsah merasa tertarik, terhormat dan tersanjung dengan adanya ajakan untuk andil juga dalam pembangunan Kabupaten Serang. Kedepannya, karena IPPNU organisasi pelajar yang pasti tentu membutuhkan pembangunan menuju Kabupaten Serang kedepannya para pelajar.


"Karena bagaimanapun tonggak perkembangan Kabupaten Serang tolak ukurnya adalah terdapat pada pelajar masa kini, dan itu menjadi garda kami, tanggung jawab kami selaku pelajar putri nahdlatul ulama Kabupaten Serang," tutur Siti Homsah.


[Ansori]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diskominfosatik Kabupaten Serang Ajak IPPNU Sinergi Adakan Literasi Digital

No comments:

Post a Comment

Kirimkan Komentar Anda di Kolom ini

Trending Now

Iklan