Pimpin Gelar Apel Kesiapsiagaan, Kapolsek Cikande Tekankan Aggota untuk Siaga Bencana

Ansori S
Selasa, Oktober 18, 2022 | 12:14 WIB Last Updated 2022-10-18T05:14:02Z
Dok. Kapolsek Cikande Kompol Andhi Kurniawan berikan arahan perihal siaga Bencana (ist) 

SERANG | Dalam rangka mengantisipasi cuaca ekstrim di wilayah Kecamatan Cikande dan Kecamatan Kibin Kapolsek Cikande Polres Serang pimpin kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di halaman Kantor Polsek Cikande, Selasa (18/10/2022).


Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Cikande Kompol Andhi Kurniawan, mengucapkan terima kasih kepada personel Polsek Cikande yang telah siap siaga melaksanakan apel dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana.


Kapolsek Cikande mengatakan, dilaksanakannya pengecekan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk melaksanakan pengecekan, baik personel maupun perlengkapan dalam mengantisipasi terjadinya bencana khususnya di wilayah hukum Polsek Cikande.


"Seperti kita ketahui cuaca saat ini semakin tidak menentu dan tidak bisa diprediksi, serta untuk curah hujan beberapa hari ini semakin meningkat sehingga kemungkinan akan adanya luapan sungai yang berada di wilayah hukum Polsek Cikande," kata Kompol Andhi Kurniawan. 


Kapolsek Cikande, menjelaskan, adanya sungai di wilayah hukum Polsek Cikande, diantaranya Sungai Ciujung, Sungai Cidurian dan anak sungai Cikambuy. Yang mana apabila terjadi luapan bisa meluap ke rumah (pemukiman) warga yang berada disekitaran bantaran sungai-sungai tersebut.


"Sungai-sungai tersebut melintasi beberapa Desa di wilayah hukum Polsek Cikande diantaranya Desa Cikande, Desa Songgom, Desa Koper, Kecamatan Cikande dan Desa Nagara, Desa Cijeruk, Desa Tambak, Desa Ciagel dan Desa Sukamaju Kecamatan Kibin," jelasnya. 


Dalam hal tersebut, Kompol Andhi Kurniawan menegaskan, agar seluruh personel Polsek Cikande menyiapkan diri dan perlengkapan yang telah ditentukan. Apabila suatu saat nanti dibutuhkan harus siap sedia baik orangnya maupun peralatan dalam penanganan bencana.


"Apabila terlihat akan adanya luapan air dari sungai di wilayah hukum Polsek Cikande agar personel Polsek melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada warga masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya banjir," tegasnya. 


Kapolsek Cikande juga menyampaikan kepada para Bhabinkamtibmas untuk melakukan pengecekan di Desa binaannya masing-masing hal-hal yang dapat menyebabkan potensi bencana, seperti gorong-gorong/saluran air yang tersumbat, pohon besar yang sudah rapuh. Bilamana hal tersebut ada di Desa binaan para Bhabinkamtibmas segera laporkan dan pihaknya akan mengagendakan kerja bakti untuk membantu warga masyarakat. 


Ia juga mengingatkan anggota agar tetap jaga kondisi fisik dan kesehatan untuk menghadapi tugas dalam menghadapi cuaca ekstrim. 


Setelah apel kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pengecekan peralatan yang di miliki Polsek Cikande, perahu buatan (sedang disiapkan), Ban, Rompi Pelampung, Chain Saw, Tambang, Sepatu Bot dan alat inventaris Kepolisian lainnya dalam hal penanggulangan bencana banjir, tanah longsor dan bencana lainnya.


Editor: Ansori S

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pimpin Gelar Apel Kesiapsiagaan, Kapolsek Cikande Tekankan Aggota untuk Siaga Bencana

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan