Umat Buddha di Provinsi Banten hadiri Perayaan Kathina Dana Hari Pertama

Ansori S
Selasa, Oktober 31, 2023 | 10:45 WIB Last Updated 2023-10-31T03:45:36Z
Dok. Istimewa

TANGERANG | Usai sudah para Bhikkhu melaksanakan masa Vassa pada hari Minggu tanggal 29 Oktober 2023, karena sesuai dengan Keputusan Dewan Pimpinan Sangha Theravada Indonesia tahun 2023 bahwa pelaksanaan masa Vassa 2567 / 2023 dimulai pada tanggal 2 Agustus 2023 hingga 29 Oktober 2023.


Dalam tradisi Buddhis Theravada, para Bhikkhu memanfaatkan masa Vassa untuk pelatihan diri seperti belajar dan meditasi. Pada hari ini Senin, 30 Oktober 2023 sebagai hari pertama perayaan Kathina Dana bagi umat Buddha.


Pelaksanaan Kathina Dana di wilayah Provinsi Banten dikoordinir oleh Padesanayaka Provinsi Banten bersama Keluarga Buddhis Theravada Indonesia (KBTI) Provinsi Banten yang terdiri dari Sangha Theravada Indonesia (STI), Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Magabudhi), Wanita Theravada Indonesia (Wandani) dan Pemuda Theravada Indonesia (Patria).


Tercatat sebanyak 40 kegiatan Kathina dana yang akan dilaksanakan oleh Vihara atau Cetiya di Provinsi Banten mulai tanggal 30 Oktober 2023 hingga 27 November 2023.


Vihara Araya Dhamma yang beralamatkan di Jalan Iskandar Muda Kedaung Wetan Kota Tangerang memanfaatkan momen hari pertama untuk melaksanakan Kathina Dana untuk umat Buddha di wilayah Provinsi Banten.


Sekitar seribu umat Buddha dari wilayah Provinsi Banten dengan antusias menghadiri acara Kathina Dana ini. Beberapa umat Buddha terlihat membawa dana berupa Jubah, perlengkapan mandi, perlengkapan kebersihan, obat-obatan, catupaccaya dan lainnya.


Dalam kesempatan ini, hadir 9 Bhikkhu dari Sangha Theravada Indonesia (STI), Pandita dari Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Magabudhi) dan umat Buddha dari wilayah Provinsi Banten.


Di Provinsi Banten, umat dari vihara/cetiya masih menjalankan tradisi saling mengunjungi acara Kathina Dana yang dilaksanakan oleh vihara/cetiya. Pada malam hari ini terlihat umat dari vihara Nimmala, Cetiya Dhamma Sikkha, Cetiya Dhamma Senapati, Vihara Dhammapala, Vihara Siripada dan lainnya menghadiri acara Kathina Dana ini.


Dalam pesan dhamma-nya, YM. Bhikkhu Hemadhammo Thera menyampaikan tentang “Berdana bagaikan bertani”, “si penerima dana bagaikan ladang atau tanah barang yang diberikan sebagai biji atau benih dan si pemberi dana bagaikan seorang petani”. “Bertanilah seperti petani yang pintar, pada saat berdana harus dimunculkan cetana yang baik”.


Pada saat memberikan dana, umat terlihat antusias dan dengan tekad yang baik dalam memberikan dananya, dengan dana yang dipegang umat memberikan kepada Bhikkhu Sangha dengan penuh hormat. Antrian panjang dalam memberikan dana tidak menurunkan semangat para umat.


“Kami dari panitia sudah mencoba memberikan yang terbaik demi kenyamanan para umat untuk merayakan Kathina Dana di Vihara Araya Dhamma tahun ini, terima kasih atas kehadiran umat dari vihara (cetiya) di Provinsi Banten dan mohon maaf apabila selama acara ada kekurangan-kekurangan. Selamat merayakan masa Kathina 2567 TB / 2023 dan selamat melakukan kebajikan di bulan Kathina," ujar Yonardo selaku ketua panitia Kathina Dana di Vihara Araya Dhamma.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Umat Buddha di Provinsi Banten hadiri Perayaan Kathina Dana Hari Pertama

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan