Bupati Serang Salurkan Donasi Rp 1 M dari ASN-Siswa untuk Palestina Melalui PMI

Ansori S
Selasa, Desember 05, 2023 | 19:45 WIB Last Updated 2023-12-05T12:45:19Z
Dok. Istimewa

SERANG | Bupati Serang Ratu Ratu Chasanah menyerahkan secara simbolis donasi dari aparatur sipil negara (ASN) dan para siswa melalui Palang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta, Selasa (5/12/2023). Donasi sebesar Rp 1.003.550.000 dan diterima langsung oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) bersama para pengurusnya.


JK mengapresiasi dan memuji donasi tersebut karena yang pertama dari pemerintah daerah yang disalurkan melalui PMI.


"Terima kasih turut serta dalam amal bantuan untuk masyarakat Palestina di Gaza. Ini luar biasa, pertama kali dari pemda, karena biasanya dari pengusaha-pengusaha. Ini dari ASN, termasuk guru, PGRI, dan para siswa," ujarnya.


JK mengaku akan meneruskan donasi dari Kabupaten Serang kepada warga di Palestina melalui jaringan koordinasi Palang Merah Internasional. Untuk donasi dana, akan digunakan untuk membantu kebutuhan pokok warga Palestina. 


"Agar ekonomi di daerah perbatasan Gaza tetap jalan, kita membeli kebutuhan pokoknya di Mesir. Kalau kita kirim di sini terlalu mahal ongkos kirimnya. Relawan diambil dari mahasiswa Indonesia di sana," ujarnya.


Menurut JK, diperkirakan dibutuhkan anggaran sekira Rp50 miliar untuk membantu warga Palestina. Saat ini terkumpul donasi melalui PMI sebesar Rp 25 miliar.


"Dalam proses penyaluran bantuan kemanusiaan ini, kami disupervisi oleh Palang Merah Internasional," ungkapnya.


Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyampaikan kebanggaan dan ucapan terima kasih atas kepedulian seluruh ASN Pemkab Serang dan siswa SD-SMP yang telah memberikan infak sedekahnya untuk membantu warga Palestina.


"Kita pupuk terus rasa kepedulian keluarga besar Pemkab Serang terhadap yang sedang membutuhkan bantuan," ujarnya.


Donasi ini bukan pertama kali. Pada Juni 2021, Pemkab Serang juga meneruskan donasi untuk warga Palestina melalui PMI Rp 275 juta, dan melalui ACT untuk kebutuhan air bersih Rp 262,16 juta.


Sementara di tingkat nasional, donasi juga pernah diberikan kepada warga Lumajang saat erupsi Gunung Semeru sebesar Rp Rp418.357.500. Kemudian saat bencana gempa bumi Cianjur Rp Rp 506.631.500.


Selain memberikan donasi untuk daerah yang terkena bencana di Indonesia, kata Tatu, ASN Pemkab Serang juga secara rutin memberikan infak sedekah untuk pembangunan rumah tidak layak huni di Kabupaten Serang.


"InsyaAllah, kepedulian kepada saudara-saudara kita di Palestina menjadi bagian dari ibadah. Dan semoga mendapat pahala dari Allah SWT," ujar Tatu.


Donasi terbanyak untuk Palestina berasal dari para guru dan siswa SD-SMP yang mencapai lebih dari Rp 770 juta dari total yang diserahkan.


"Awalnya kita genap Rp 1 miliar dan sudah ditransfer melalui PMI. Namun hari ini kita kembali mendapat tambahan donasi 3.550.000, ini akan kami sampaikan kembali melalui PMI," ujar Tatu.


Menurut Tatu, masyarakat mengutuk kekejaman Israel dan meminta seluruh negara berjuang untuk menghentikan perang yang terjadi di Palestina.


"Semoga saudara kita di Palestina diberi kesabaran, dan segera hidup aman," ujarnya.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Serang Salurkan Donasi Rp 1 M dari ASN-Siswa untuk Palestina Melalui PMI

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan