-->

Selasa, 30 Juli 2019

Koarmada I Gelar Latihan Operasi Laut Gabungan TA. 2019



SERANGTIMUR.CO.ID, JAKARTA | Koarmada I menggelar Latihan Operasi Laut Gabungan TA. 2019 dengan tema “Koarmada I Melaksanakan Latihan Operasi Laut Gabungan di Laut Jawa dalam rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut” yang dibuka oleh Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., diwakili oleh Komandan Komando Latihan (Dankolat) Koarmada I Kolonel Laut (P) Fauzi, S.E., bertempat di Aula Matjan Kumbang Mako Koarmada I, Jalan Gunung sahari No. 67, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).

Pangkoarmada I dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dankolat Koarmada I menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur unsur - unsur pemukul dalam operasi laut gabungan serta mensinergikan kemampuan unsur - unsur pemukul dengan unsur terkait sebagai unsur utama dalam rangka memperoleh keunggulan di laut.

Target yang ingin dicapai dalam latihan ini yakni Koarmada I dapat menguasai mekanisme proses dalam pengambilan keputusan militer (PPKM) di dalam melaksanakan tugas operasi laut gabungan, Koarmada I menguasai pembuatan produk latihan pelaku, unsur - unsur pemukul Koarmada I dapat mencapai kemampuan maksimal dalam kegiatan operasi laut gabungan, Koarmada I dapat membentuk dan menjalin koordinasi dan kerjasama antar Angkatan/Satuan yang terkait dalam pelaksanaan tugas operasi laut gabungan.

"Kita ketahui bersama bahwa saat ini potensi konflik di beberapa wilayah negara tidak dapat terhindar seiring dengan kompetisi negara-negara maju untuk menguasai dunia. Untuk mencapai tujuannya, kekuatan laut merupakan unsur utama untuk melancarkan serangan masif terhadap lawan. Sebagai bangsa yang besar, kita harus mampu dan optimis dalam melaksanakan tugas menjaga kedaulatan NKRI pada umumnya dan wilayah Koarmada I pada khususnya," ujar Pangkoarmada I.

Oleh karena itu, ada beberapa penekanan yang perlu dipedomani dalam latihan ini yaitu pahami rencana latihan sesuai fungsi dan tugas setiap dan laksanakan dengan sungguh - sungguh guna mencapai keberhasilan latihan, latihan tidak bersifat rutinitas yang artinya timbulkan kreatifitas dan ide-ide cemerlang guna tercapainya latihan yang optimal.

Jaga kerahasiaan berita - berita selama latihan dan yakinkan komunikasi radio serta peralatan KRI dapat berfungsi dengan baik demi kelancaran dan keberhasilan  latihan, pertahankan kondisi teknis alat utama sistem senjata agar tetap prima guna melaksanakan operasi atau latihan selanjutnya, dan laksanakan semua prosedur latihan secara cermat dan benar serta check and recheck terhadap semua kegiatan kapal guna terwujudnya "zero accident".

Kegiatan latihan operasi laut gabungan ini akan dilaksanakan geladi posko mulai 29 Juli sampai dengan 2 Agustus 2019 dan geladi lapangan mulai 5 Agustus sampai dengan 9 Agustus 2019.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Disopslatal, Kepala Staf Koarmada I, Komandan Guspurla Koarmada I selaku Pangkogaslagab, Pejabat Utama Koarmada I, Para Komandan satuan dan Komandan Unsur yang tergabung dalam latihan.

(Redaksi)

Pen Koarmada I

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Media Partner

Wikipedia

Hasil penelusuran

SerangTimur.Co.Id

Featured Post

Soal SK Pemberhentian 6 Staf Desa Panenjoan, PPDI Kecamatan Carenang Nilai Kades Panenjoan Arogan

SERANG | Terkait adanya Surat Keputusan (SK) pemberhentian 6 orang Staf Desa Panenjoan, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, PPDI Kecamata...

Berlangganan Artikel

Berita Terkini

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa