-->

Selasa, 23 Juli 2019

SMAN1 Bandung Kabupaten Serang Laksanakan MPLS Berintegritas

SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG | Ratusan siswa/siswi baru tahun ajaran 2019-2020 SMA Negeri 1 Bandung Kabupaten Serang melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan berakhir hari, Rabu (17/7/2019).

Di lanjutkan dengan Masa Pengenalan Gerakan Pramuka (MPGP) yang di laksanakan hari Jumat sampai dengan Sabtu(20/7/2019), dan bermalam di sekolah dengan tema MPGP ceria berkarakter.

Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) adalah kegiatan pertama siswa /siswi saat masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana prasarana, cara belajar, serta penanaman konsep dalam pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah yang berintergeritas.


Tujuan pengenalan lingkungan sekolah yaitu: (1) mengenali potensi diri siswa baru; (2) membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; (3) menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif; (4) mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga lainnya; (5) menumbuhkan perilaku positif diantaranya, kejujuran, kemandirian, serta sikap saling menghargai, menghormati demi keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat.

Kepala SMA Negeri 1 Bandung Istiadi, S.Pd menuturkan, proses penerimaan siswa baru melalui jalur online, semua unsur itu telah terpenuhi dengan baik dan para siswa yang diterima, sejak  masuk hari pertama hingga hari ketiga ini diisi dengan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

"Pemateri dari BNN Provinsi Banten, BPBD, Koramil, Puskesmas, Polsek dan internal sekolah," tuturnya.


Istiadi menambahkan, kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah ini dilaksanakan sesuai peraturan Permendikbud RI Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah.

MPLS ini diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, namun tetap dalam suasana gembira dan menyenangkan serta mempunyai nilai positif bagi segenap warga sekolah.

"Kegiatan ini berlangsung cuma tiga hari, (15-17/7/2019), sesuai peraturan, tempat kegiatan dipusatkan di halaman sekolah," tambahnya.

Menurutnya, kegiatan PLS ini juga sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan sekolah, perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, para guru, hingga karyawan sekolah.


"Para siswa baru ini dibagi dalam beberapa regu untuk diberikan materi pengenalan sekolah," ungkap Kepala SMAN1 Bandung.

Dirinya juga berharap, dengan adanya kegiatan ini siswa/siswi dapat memahami serta mengetahui dan melaksanakan kegiatan belajar secara baik, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan sekolah sebagai lingkungan pendidikan maupun lingkungan masyarakat sehingga dapat belajar yang kreatif.

Istiadi menyampaikan, kegiatan MPLS di lanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak Yatim dan dhuafa dari dalam sekolah 48 orang dan dari luar di lingkungan sekolah sebanyak 12 orang yang di serahkan pada waktu awal kegiatan belajar mengajar (KBM) saat pelaksanaan upacara bendera hari Senin (22/7/2019).

Istiadi berharap agar anak-anak ini biarpun mereka anak Yatim dan Dhuafa mereka berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan mereka bisa bersaing dengan anak - anak yang lainnya yang memiliki kedua orang tua.

(JON)

Editor: Ansori


Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Media Partner

Wikipedia

Hasil penelusuran

SerangTimur.Co.Id

Featured Post

Polsek Serang Berhasil Amankan Pelaku Curanmor

SERANG | Unit Reskrim Polsek Serang Polres Serang Kota, Polda Banten berhasil meringkus AF pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor). 

Berlangganan Artikel

Berita Terkini

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa