Konsultan Peningkatan Jalan Parigi-Sukamanah : Ketebalan di Ukur 3 Titik

serangtimur.co.id
Sabtu, September 14, 2019 | 20:05 WIB Last Updated 2019-09-14T13:05:16Z


SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG | Terkait adanya dugaan temuan ketinggian lean concrete (LC) di peningkatan jalan Provinsi, ruas Jalan Parigi - Sukamanah, Konsultan PT. Parindo Raya Engineering, Herman menjelaskan dalam pesan whatsapp, Sabtu (14/09/2019) bahwa untuk ketebalan perlima meter diukur nilai rata-rata.

"Untuk yang di tengah kita didapatkan juga tinggi 6 cm, maka saya masukkan tingginya sekian untuk ketebalan lc," jelasnya.

Herman mengatakan, untuk pembayaran lean concrete akan ada pemotongan. Tapi untuk saat ini belum ada penarikan pembayaran.

"Untuk 1 TM isi 6 m3 beton, untuk LC tergelar dengan lebar 3.3 m tebal 10 cm, didapatkan gekaran LC sepanjang 18 m," katanya.

Kita perlima meter ambil 3 titik ketebalan, ketinggian di bagi tiga. Tebal sisi kiri, kanan dan tengah. Seperti yang telah diukur 10 + 6 + 10 = 26/3 = 8,6 centimeter.

"Jadi untuk segmen 5 meter lebar d kalikan tebal, hasilnya 8,6 cm. Lc qt masih sebalah kanan.  Lebar 3.3, nanti di join lain sebelah kiri dengan lebar 3,3 juga," terang Herman.

Lebih lanjut Konsultan PT. Parindo Raya Engineering memaparkan, jadi tidak di kalikan 10 cm, tapi di kali hasil pembagian ketebalan, 1 truck mixer (TM) dengan isi 6 m3, Kita ukur begisting saja pak. Real yang di lapangan itu yang akan saya jadikan acuan volume.

"Untukmutu B0. Panjang yang tergelar untuk hari ini mencapai 130 meter. Iya kalau mengejar rata-rata 10 cm, mungkin agak sulit juga, karena berbentuk agrgat bebatuan, makanya kita ukur sesuai yang dilapangan ketebalanya," paparnya.

Pantauan serangtimur.co.id dilapangan, Jum'at (13/09/2019) untuk ketebalan lean concrete yang terpasang 130 meter dari titik nol, pihak konsultan tidak melakukan penarikan benang.

Dikarenakan data yang dihimpun dan penarikan benang secara zigzag, terdapat ketebalan LC ditengah hannya mencapai 2 cm.

Untuk diketahui, paket pekerjaan peningkatan jalan Propinsi, ruas Jalan Parigi - Sukamanah dengan total anggaran mencapai Rp 35.555.549.200 yang bersumber dari APBD Propinsi Banten yang sedang dikerjakan oleh PT. Duta Tunas Kontruksi Pratama, disinyalir dijadikan ajang Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) oleh oknum tertentu.

(Redaksi)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Konsultan Peningkatan Jalan Parigi-Sukamanah : Ketebalan di Ukur 3 Titik

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan