Tingkatkan Perilaku Higienis dan Pelayanan Sanitasi, KKM Manunggal Desa Pamanuk Bangun Pamsimas



SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG | Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksankan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Seperti halnya Desa Pamanuk, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, pada tahun 2019 ini mendapatkan program Pamsimas yang bersumber dari APBD Kabupaten Serang tahun anggaran 2019, yang dikelola oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Manunggal Desa Pamanuk.

Dimana untuk pembangunan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ini, KKM Manunggal membangun jamban dan tempat cuci tangan (TCT) yang berlokasi di SDN Pamanuk 2.


Ketua KKM Manunggal, Hendra Kosasih mengatakan dengan adanya pembangunan Pamsimas ini, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Serang beserta warga Desa Pamanuk.

"Semoga pembangunan Pamsimas ini bermanfaat bagi warga dan berharap warga yang terdampak dapat memelihara sarana prasarana yg diberikan," katanya dilokasi pekerjaan, Minggu (29/09/2019) pagi.

Program ini bukan hanya proyek semata, akan tetapi berkelanjutan sebagai solusi masyarakat yang sudah bertahun-tahun tidak ada tersedianya sarana air bersih dan fasilitas kebersihan masyarakat.

"Kepada Dinas terkait, mudah - mudahaan program Pamsimas ini berkelanjutan, bukan hanya di Kampung Bayongbong Pintu, akan tetapi seluruh Kampung di Desa Pamanuk, sesuai dengan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) KKM Manunggal," tambahnya.

(Lahudin)

Post a Comment

0 Comments