Pekerjaan Pembangunan Saluran Drainase Desa Walikukun Diduga Tidak Sesuai Spek



SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG | Paket pekerjaan pembangunan drainase yang sedang di kerjakan PT Tunas Karya Sarana berlokasi di Kampung Kejawi, Desa Walikukun, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang diduga tidak sesuai spesifikasi teknis pekerjaan.

Pantauan Serangtimur.co.id di lokasi, Minggu (06/10/2019) siang, tampak terlihat pemasangan tanpa pondasi dan hannya menempel serta untuk ketinggian bervariasi.

Ketika dikonfirmasi, petukang yang enggan menyebutkan namanya mengatakan bahwa saya hanya ikut kerja, untuk galian saja dan untuk kedalamannya 70 cm.


"Saya di pekerjakan hanya untuk galian saja, sudah hampir satu minggu belum di bayar. Janjinya hari Sabtu kemarin, kalo untuk HOK nya Rp 70.000 per hari dan untuk galian sendiri sekitar 70 cm," katanya dilokasi kerjaan.

Sementara itu, pelaksana tehnis Wardadi dari Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) melalui via telpon selluler menjelaskan bahwa pihaknya tidak bisa menyebutkan untuk ketebalan atau volume panjang, dikarenakan dirinya tidak pegang gambar.

"Saya belum lihat pekerjaannya, jadi untuk pemasangan batu atau ketebalan, saya juga belum tahu. Tapi, nanti saya juga lihat gambarnya, karena saya juga belum sempat kelokasi," jelasnya.


Menanggapi hal tersebut, aktifis serang timur Cecep AK, untuk pekerjaan pembangunan drainase, saya menduga tidak sesuai dengan spek. Karena batu pondasi menempel saja dan volume tebal bervariasi untuk kedalamannya pun tidak ada 70 cm.

"Untuk pekerjaan saluran drainase saya menduga tidak sesuai spek pasalnya batu pondasi hanya menempel saja tidak ada  pondasi pasangan dan pemasangan batunya asal-asalan terlihat banyak yang pasangan batunya kurang," ucapnya.

Cecep menambahkan, seharusnya pelaksana tehnis mengetahui gambarnya. Jangan punya alibi belum melihat gambar.


"Adukan semen sehingga terlihat rongga pada pasangan batunya, untuk tim teknis sendiri kurang pengawasan. Terbukti pekerjaan sudah dilaksanakan, tetapi ketika dikonfirmasi belum turun ke lapangan sampai hari ini," tambahnya.

Untuk di ketahui, pembangunan saluran drainase Desa Walikukun, Kecamatan Carenang (penunjang Kampung KB) program pengembangan kawasan pemukiman dan penyehatan lingkungan permukiman yang sedang dikerjakan CV. Tunas Karya Sarana dengan nomor kontrak 602/14-PK.35/SPK/PPK-PERKIMKES/DPKTB/2019 anggaran mencapai Rp 186.718.483,60 yang bersumber dari APBD Kabupaten Serang tahun 2019 diduga tidak sesuai dengan spek.

(Nurlan)

Posting Komentar

0 Komentar