-->

Kamis, 12 Desember 2019

DPC Geomaritim Gandeng PT. Tanifund dalam Upaya Peningkatan Petani Rumput Laut dan Tambak Udang



SERANG (STC) - Untuk meningkatkan petani budidaya rumput laut dan petani tambak udang Windu di Kampung Domas, Desa Domas, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Poros Maritim (DPC Geomaritim) Indonesia melakukan kemitraan dengan inspektor permodalan melalui PT Tanifund.

Dimana Tanifund adalah sebuah perusahaan finansial yang fokus pada pertanian, peternakan dan perikanan. Misi utama dari Tanifund adalah untuk memberikan akses keuangan alternatif kepada petani, peternak dan nelayan Indonesia, sehingga mereka dapat mengembangkan usahanya dan hidup lebih baik. Selain itu juga, Tanifund turut aktif dalam mengedukasi dan membina para petani, peternak dan nelayan yang bekerjasama dengan kami.

Field Operation PT. Tanifund, Yoga dalam kunjungannya ke lokasi tambak Udang Windu, dihadapan petani mengenalkan tentang Tanifund kepada para petani tambak udang.

"Tanifund adalah star up berbasis aplikasi dan juga perusahaan permodalan yang bergerak disektor pertanian, terutama tanaman palawija, sayur mayur," jelasnya, Rabu (11/12/2019).

Selain dibidang pertanian, PT. Tanifund bergerak dibidang perikanan dan pembudidayaan rumput laut. Ini merupakan hal baru bagi Tanifund, namun keduanya merupakn prospek yang menjajikan. Untuk pemasaranya sudah ada, kami dari Tanifund siap memfasilitasi dan mempertemukan inspektor dengan petani.

"Dengan cara mengajukan rencana anggaran biaya (RAB) kebutuhan petani tambak maupun petani rumput laut dengan ketentuan yang telah di sepakati oleh kedua belah pihak. Dimana metode yang digunakan yakni bagi untung 80 - 20% ,(80% untuk petani 20% untuk Tanifund)," tambahnya.

Terpisah, pembina kelompok usaha masyarakat pesisir Edy, memberikan analogi terkait budidaya rumput laut yang di lakukan petani di sepanjang pesisir Pantai Lontar. Dimana para petani lemah dibidang permodalan, terutama untuk pembibitan kalau saat ini yang di alami oleh para petani rumput laut.

"Dikarenakan bibit rumput laut yang unggul harus mendatangkan dari luar daerah, seperti dari Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan daerah Panimbang,  Pandeglang - Banten, padahal hasil panen raya rumput laut dengan kualitas yang baik apabila dibandingkan dengan daerah lain se-Provinsi Banten," ungkapnya.

Edy menambahkan, semoga dengan adanya kerja sama yang bersinergi dengan Tanifund ini, budi daya rumput laut di daerah Lontar dapat meningkat, para petani rumput laut dapat meningkatkan pula kebutuhan ekonominya.

Hal senada dikatakan petani tambak Udang Windu Wawan, dengan kerjasama yang baik antara petani dan PT. Tanifun serta adanya bantuan lunak dari PT. Tanifund ke kelompok petani tambak, semoga para petambak dapat meningkatkan hasil yang maksimal.

"Kami atas nama petani tambak udang mengucapkan banyak terimakasi kepada DPC Gerakan Poros Maritim Kabupaten Serang yang sudah melakukan diplomasi dengan PT. Tanifund. Sehingga pak Yoga dapat singgah di tempat kami dan siap memfasilitasi para petani tambak dengan pemodal, katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Geomaritim Kabupaten serang Suprani, menjelaskan dengan adanya PT. tanifund ini, diharapkan bisa menggandeng dan menanggulangi permaslahan yang sering terjadi di kelompok tani, baik tani budidaya rumput laut maupun kelompok tani tambak udang.

"Dengan adanya peran aktif dari PT. Tanifund semoga bersinergi dengan baik, serta kita dapat memutus mata rantai harga jual. Tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani, kita dapat terhindar dari para cukong tengkulak, sehingga terciptanya harga jual petani yang stabil dan petani tidak merugi," katanya.

(Nurlan)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Media Partner

Wikipedia

Hasil penelusuran

SerangTimur.Co.Id

Featured Post

Soal SK Pemberhentian 6 Staf Desa Panenjoan, PPDI Kecamatan Carenang Nilai Kades Panenjoan Arogan

SERANG | Terkait adanya Surat Keputusan (SK) pemberhentian 6 orang Staf Desa Panenjoan, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, PPDI Kecamata...

Berlangganan Artikel

Berita Terkini

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa