-->

Kamis, 05 Desember 2019

Guna Meningkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Serang Tambah Puskesmas



SERANG (STC) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berkomitmen terus meningkatkan layanan kesehatan di 29 Kecamatan. Salah satunya dengan menambah jumlah puskesmas secara bertahap sesuai standar layanan kesehatan dengan mempertimbangkan rasio jumlah penduduk.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang Agus Sukmayadi mengatakan, dengan jumlah 29 kecamatan, Kabupaten Serang sudah memiliki 31 puskesmas. Sementara dengan jumlah penduduk sekira 1,5 juta jiwa, sesuai standar Kabupaten Serang membutuhkan 50 puskesmas.

"Masih butuh 20 atau 19 puskesmas lagi," kata Agus dalam kegiatan Bakti Sosial Hari Kesehatan Nasional tingkat Kabupaten Serang di Kampung Kepaten, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara pada Kamis (5/12/2019).

Saat ini, Pemkab Serang juga memiliki RSUD dr Drajat Prawiranegara yang  tidak hanya melayani pasien dari Kabupaten Serang, juga rujukan dari Kota Serang, Cilegon, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak.


"Pasti masyarakat sering ada keluhan merujuk pasien ke RSUD katanya ditolak, padahal bukan ditolak tapi karena penuh," kata Agus.

Dia menambahkan, Pemkab Serang sudah berkomitmen untuk melakukan  pembangunan puskesmas di setiap kecamatan agar  pelayanan kesehatan masyarakat bisa maksimal. Paling prioritas, akan ditambah puskesmas di Kecamatan Cikeusal, Cikande, dan Kramatwatu.

"Standarnya puskesmas hanya melayani 30 sampai 40 ribu penduduk per wilayah kerja," ujarnya.

Ia menilai, pembangunan puskemas juga seharusnya meningkatnya kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga pola hidup sehat dan bersih. Paling penting dan mendasar, adalah kesadaran masyarakat menjaga kesehatan lingkungan.


"Sehingga masyarakat jauh dari mengalami sakit," tutur Agus.

Pemkab Serang terus melakukan perluasan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan melalui pembangunan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan dan menambah jumlah tenaga puskesmas yang berkelanjutan. Termasuk pengadaan bantuan 100 buah ambulans desa, serta penyediaan dana reward untuk 7.665 orang kader dari 1.533 posyandu di Kabupaten Serang.

Sementara itu, Ketua Panitia Baksos HKN tingkat Kabupaten Serang, Ristiani Hariyanti mengatakan, kegiatan baksos menargetkan sebanyak 60 anak yang dikhitan massal, dan 300 orang mendapatkan pengobatan gratis.

"Selain itu ada pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita," ujarnya.

(Redaksi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Kehilangan Surat Akta Jual Beli

Kehilangan Surat Akta Jual Beli
Telah Hilang Surat Berharga Berbentuk Akta Jual Beli (AJB) No. 436/29/crg/1997 A/n: Ny Janah Binti Jamari Pada Hari Rabu tanggal 16 September 2020

Media Partner

Wikipedia

Hasil penelusuran

SerangTimur.Co.Id

Featured Post

Diusianya yang ke-20, Banten Dirasa Belum Mampu Sejahterakan Masyatakat

SERANG | Tepat pada 4 Oktober 2020 Provinsi Banten mencapai usia 20 tahun yang memisahkan diri dari Jawa barat. Tentu tidak lain dan tidak ...

Berlangganan Artikel

Berita Terkini

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa