Polres Serang Kabupaten Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Kalimaya 2019

serangtimur.co.id
Kamis, Desember 19, 2019 | 11:49 WIB Last Updated 2019-12-19T04:49:59Z


SERANG (STC) - Jajaran Kepolisan Resort (Polres) Serang Kabupaten Polda Banten melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka persiapan oprasi lilin kalimaya 2019 Polres Serang, di lapangan hijau Mapolres Serang Kabupaten, Kamis (19/12/2019).

Diketahui, upacara apel gelar pasukan tersebut, selaku Inspektur upacara Kapolres Serang Kabupaten AKBP Indra Gunawan S.IK., MH., Perwira upacara Kabag Ops Kompol Kosasih, Komandan upacara Kanit Regident Sat Lantas Polres Serang Kabupaten IPTU Robby Rachman S.IK., Perwira Keamanan  Kasi Propam IPDA Eka Jatnika.

Sementara dalam peserta apel gelar pasukan yakni 1 Pleton Perwira Polres Serang, 1 Pleton Gabungan Staf, 1 Pleton Sabhara, 1 Pleton Gabungan Polsek, 1 Pleton Lantas, 1 Pleton Intelkam, 1 Pleton Reskrim, 1 Pleton Narkoba, 1 Pleton Sat Pol-PP Kabupaten Serang, 1 Pleton Dishub Kabupaten Serang, 1 Pleton Damkar Kabupaten Serang, 1 Pleton Gabunagn Kesehatan Kabupaten Serang dan 1 Pleton Pramuka.


Dalam apel gelar pasukan tersebut Inspektur upacara Kapolres Serang Kabupaten AKBP Indra Gunawan, S.IK.,MH menyampaikan, apel gelar pasukan yang diselenggarkan secara serentak ini diseluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personil dan peralatan pengamanan, sekaligus solidaritas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta membuat rasa aman bagi masyarakat yang merayakan Natal 2019 maupun Tahun Baru 2020.

"Oprasi lilin tahun 2019 merupakan oprasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan 10 hari mulai hari Senin tanggal 23 Desember s/d  hari Rabu tanggal 01 Januari 2020, dengan fokus pengamanan 61.308 obyek seluruh Indonesia baik gereja,  wisata, tempat perayaan tahun baru, terminal, Stasiun dan bandara," ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan, Oprasi ini akan melibatkan 191.807 personil gabungan terdiri dari 121.358 Polri, 17.190 TNI serta 55.259 Gabungan Dinas terkait. Dan kekuatan personil tersebut ditempatkan 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan,  dan 45 titik pos terpadu.


"Strategi oprasi ini mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan Intelejent berupa deteksi dini serta deteksi aksi dengan penegakan hukum secara tegas dan profesional," ungkapnya.

Kapolres menjekaskan, berdasarkan prediksi intelejen terdapat 12 pontesi kerawatan yang harus diantisipasi yaitu aksi teroris, kejahatan konvensional, kecelakaan lalulintas trasportasi, swiping ormas, l aksi penolakan pribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial (tawuran), bencana alam, konvoi (balap liar), kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba ataupun minuman keras.

Sehingga, lanjut Kapolres, dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, yaitu :


1. Tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

2. Pastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggungjawabnya

3. Lakukan deteksi dini dengan memetakan titik kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

4. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system.

5. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan
soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.


"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2019," ucap Kapolres.

Untuk diketahui, kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka persiapan oprasi lilin kalimaya 2019 Polres Serang selesai pada jam 08.55 WIB berjalan dengan aman dan lancar, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan dinas.

(Ans/01)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polres Serang Kabupaten Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Kalimaya 2019

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan