-->

Kamis, 19 Desember 2019

Antisipasi Pengamanan Nataru, Polres Serang Kabupaten Laksankan Kegiatan Pra Operasi Lilin Kalimaya 2019



SERANG (STC) - Dalam upaya dan antisipasi keamanan perayaan Natal dan tahun baru, Jajaran Polres Serang Kabupaten melaksanakan kegiatan latihan Pra Ops Lilin Kalimaya 2019, di aula Mapolres Serang, Rabu (18/12/2019) kemarin.

Hadir dalam kegiatan Waka Polres Serang, Kabag Ops Polres Serang, Kasat Sabhara Polres Serang, Kasat Reskrim, Kasat Tahti Polres Serang, Para Kapolsek jajaran Polres Serang Kabupaten, dan Personil Peserta Ops Lilin

Dalam latihan pra operasi kalimaya 2019, tersebut, Waka Polres Serang Kabupaten Kompol Agung Cahyono, S.IK, mengatakan, walaupun Operasi lilin sudah sering dilakukan tapi tetap kita harus melakukan Latpraops, tujuan nya untuk mengingatkan kita agar tidak menganggap spele setiap pelaksanaan tugas.

"Mohon agar seluruh anggota mengikuti Latpraops dengan serius tentang apa yang disampaikan oleh pemateri. Dan di mohon kepada para kapolsek dan anggota pada kegiatan ops lilin ini untuk benar-benar dimaksimalkan deteksi dini terkait ancaman kelompok radikal, serta kewaspadaan pada saat pelaksanaan pengamanan baik di pospam maupun siaga mako," ucap Wakapolres, saat menyampaikan sambutannya.


Agus juga meminta, agar seluruh personel tetap menjaga ksehatan dalam setiap pelaksanaan tugas. Dan terkait deteksi dini setiap kejadian menonjol para Kapolsek agar di atensi terkait laporan tidak ada lagi yang terlambat.

"Untuk Bhabinkamtibmas agar aktif memonitor setiap keberadaan orang baru di wilayahnya. Kejadian sekecil apapun laporkan secara berjenjang," pinta Agung.

Sementara, lanjut Wakapolres, petugas pospam harus responsif/Quick respon terhadap kejadian-kejadian laka maupun merespon laporan sekecil apapun dari masyarakat.

"Pedomani dan pahami tentang duk ops yang sudah diberikan Bagops terkait jumlah dukops, perbaiki Sikap tampang anggota dalam pelaksanaan Operasi agar tidak mendapat teguran dari pimpinan," ujarnya.

Wakapolres juga menekankan, agar kabag ops, mempersiapkan Senjata laras panjang untuk pengamanan di Pospam, agar koordinaai dengan Logistuk.

"Saya minta, tingkatkan kewaspadaan anggota pada saat melaksanakan Jaga Pospam agar perhatikan waktu istirahat bergantian. Dan persiapkan perlengkapan perorangan dan sikap tampang, pergunakan pakaian terbaik agar tidak mendapatkan teguran," tutupnya.


Sementara itu dalam paparannya KBO Sat Intelkam menyampaikan, sasaran Operasi yaitu tempat yang dijadikan perayaan natal 2019, pusat keramaian, rumah kosong, tempat hiburan dan sasaran kegiatan perayaan natal dan tahun baru.

Ia merinci, untuk sasaran orang yaitu para jamaat yg melaksanakan ibadah natal dan libur tahun baru 2019, waspadai cuaca buruk dan memasuki musim penghujan di akhir tahun 2019, waspadai potensi konflik pada pelaksanaan operasi lilin tahun 2019, waspadai penggunaan petasan dan bunga api pada perayaan malam pergantian tahun baru terutama pada perumahan padat penduduk yang dapat mengancam Kamtibmas di wilayah hukum Polres Serang.

"Lakukan deteksi dini terkait kelompok radikal yang mungkin muncul dalam perayaan natal yang dapat mengancam masyarakat maupun petugas pengamanan, lakukam deteksi dini terkait perumahan dan ruko yang dijadikan tempet perayaan natal agar tidak terjadi gangguan kamtibmas," urainya.

Selian itu, harus waspadai kelompok intoleransi terhadap pemerintah yang akan mengancam kedaulatan NKRI, terutama polsek yang terdapat kelompok-kelompok intoleransi agar lakukan pemantauan setiap pergerakan nya dilakukan monitoring.

"Persiapkan kesiap siagaan anggota dalam pelaksanaan operasi lilin kalimaya 2019," tutupnya.


Ditempat yang sama, Kasat Reskrim Polres Serang Kabupaten AKP Maryadi, menjekaskan, data kerawanan Kriminalitas di wilayah hukum polres serang menjelang Natal tahun baru, yakni wilayah Cikande, dengan menempati rangking pertama dengan jumlah tindak pidana tertinggi dengan curanmor paling banyak.

Maryadi menambahkan, agar mewaspadai curanmor sepanjang perayaan natal dan tahun baru. Untuk itu lakukan patroli pada rawan curanmor yaitu daerah Ciruas-Cikande dan Kragilan pada jam-jam rawan yaitu pukul 03.00s/d 06.00 WIB.

Kasat Reskrim menyebut, kebanyakan pelaku melakukan aksinya dengan merusak kunci kontak/menggunakan kunci T, dan sekarang modus operandi berkembang menggunakan cairan kimia dan merusak kunci ganda/gembok.


Selanjutnya, Kanit Lakalantas Polres Serang Kabupaten Ipda Priyanto, menyampaikan, untuk Kamseltibcarlantas adalah tanggung jawab Sat lantas, dengan beberapa tugasnya, seperti patroli, gakum, dan rekayasa lalulintas

Menurutnya, data rawan laka di jalan Raya Serang-Jakarta di km 11 Nambo Kecamatan Ciruas, Jl Raya Serang Jakarta Km 13 sentul kragilan km 68, dan Kampung Gorda Nagreg Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Kabuapaten Serang.

"Kami memprediksikan, pada tanggal 21-23 Desember 2019 arus mudik Natal dan tahun baru akan mengalami lonjakan," jelasnya.

(Ans/01)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Media Partner

Wikipedia

Hasil penelusuran

SerangTimur.Co.Id

Featured Post

Soal SK Pemberhentian 6 Staf Desa Panenjoan, PPDI Kecamatan Carenang Nilai Kades Panenjoan Arogan

SERANG | Terkait adanya Surat Keputusan (SK) pemberhentian 6 orang Staf Desa Panenjoan, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, PPDI Kecamata...

Berlangganan Artikel

Berita Terkini

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa