-->

Senin, 20 Januari 2020

2852 Goweser Serbu Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I Belawan


MEDAN (STC) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I), Laksma TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M dan Ketua Korcab I Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Nisa Rasyid beserta ribuan Masyarakat penggemar Gowes, bersepeda menikmati jalur Tanjung Mulia - Belawan Medan pada Acara Gowes Bareng Danlantamal.

Event ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi menjalin keakraban masyarakat dengan Prajurit Pangkalan Utama TNI AL I Belawan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Dharma Samudera  dan HUT Pomal tahun 2020, Minggu (19/01/20).

Hari Dharma Samudera diperingati setiap tanggal 15 Januari sejak tahun 1962 untuk mengenang peristiwa heroik pertempuran di Laut Aru. Peristiwa ini merupakan pertempuran yang melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut, yaitu kapal perang RI Matjan Tutul, kapal perang RI Harimau dan kapal perang RI Matjan Kumbang.

Pada peristiwa tersebut salah satu kapal Perang Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) yaitu KRl Matjan Tutul tenggelam dan gugurnya 25 anak buah kapal (ABK) Rl Matjan Tutul termasuk gugurnya Sang Patriot Bangsa, Komodor Yos Sudarso.

Gowes Bareng Danlantamal I di Kota Medan tercatat melibatkan 2.852 orang peserta penggemar sepeda yang berasal dari Wilayah Medan dan sekitarnya.

"TNI Angkatan Laut, Khususnya Lantamal I mengajak semua lapisan Masyarakat untuk gemar berolahraga, salah satunya dengan bersepeda," kata Danlantamal I.

"Peserta yang bergabung di even Gowes dalam rangka Hari Dharma Samudera ini merupakan penggemar sepeda yang berasal dari club-club sepeda maupun perorangan dari Kota Medan dan juga sekitarnya. Jalur Tanjung Mulia-Belawan dipilih dimana Komplek Barakuda yang terletak di Tanjung Mulia merupakan Komplek TNI AL terbesar di Medan, selanjutnya peserta akan menempuh Jalur sekitar 20 KM dan berakhir di Mako Lantamal I Belawan," lanjut Danlantamal.

Menurut Danlantamal I, Gowes bersama dirasa sangat menyenangkan dimana dengan mengayuh sepeda menyisir jalan di sekitar Kota Medan bersama Prajurit, Instansi TNI-Polri maupun Instansi Pemerintah serta masyarakat sambil berbincang-bincang mampu menyegarkan pikiran dari rutinitas pekerjaan.

"Dengan bersepeda, diharapkan kebugaran badan akan selalu terjaga dimana akan mendukung pelaksanaan aktifitas tugas sehari-hari," ujarnya.


"Dengan bersepeda, ayo kita sehat bersama-sama. Selain bersepeda, peserta dan masyarakat juga bisa mengunjungi Mako Lantamal I dan Kapal Perang Republik Indonesia di Dermaga Mako Lantamal I," imbuhnya.

"Saya persilahkan masyarakat lebih mengenal Kapal Perang yang sedang sandar Dermaga Lantamal I Belawan, hari ini merupakan Naval Base Open Day yang bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat Medan dan sekitarnya untuk mengenal TNI AL khususnya Lantamal I lebih dekat," lanjutnya.

Pada gelaran Gowes Bareng dalam rangka menyambut Hari Dharma Samudera dan HUT Pomal Tahun 2020 di Lantamal I Belawan, peserta yang mengikuti gowes tidak dipungut biaya sepeserpun. Panitia menyiapkan ratusan Doorprize kepada peserta yang beruntung sebagai apresiasi Lantamal I pada Masyarakat penggemar sepeda yang memeriahkan Hari Dharma Samudera tahun 2020.

Selain itu, bermacam makanan yang variatif aneka menu disiapkan juga secara cuma-cuma untuk peserta gowes

"Banyak sekali kegiatan yang dapat diikuti selain bersepeda di acara ini. Peserta juga berkesempatan memenangkan hadiah doorprize dengan hadiahnya yang sangat beragam, mulai dari sepeda, alat-alat elektronik dan banyak lainnya," papar Danlantamal

"Pada kesempatan ini pun kami berkesempatan memanjakan Masyarakat pecinta gowes dengan menyuguhkan event yang berisikan banyak kegiatan yang menyenangkan untuk mereka dapat memiliki quality time bersama sahabat, keluarga dan komunitas kesayangannya," pungkas Danlantamal.

Berbagai lapisan masyarakat, pria dan wanita dari peserta termuda berumur 9 tahun sampai yang berumur 87 tahun ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Indra, salah satu peserta dari Batubara mengatakan, senang sekali ikut ambil bagian dalam event gowes yang digelar oleh Lantamal I, meski cukup jauh dan membutuhkan waktu sekitar 4 jam berkendaraan roda 4 dari tempat asalnya ke lokasi, tetapi semuanya terbayar dengan kegiatan yang berlangsung meriah dan benar benar memanjakan goweser dengan jalur yang memuaskan.

"saya senang sekali dengan event yang diadakan Lantamal I, semoga event ini menjadi agenda tetap yang diacarakan Lantamal I sehingga para goweser selain bisa menyalurkan hobby sekalian bisa mengenal lebih dekat dengan Angkatan Laut khusunya Lantamal I Belawan. Baru kali ini saya bisa melihat-lihat pangkalan Utama Angkatan Laut dan bisa naik ke Kapal Perang, senang dan bangga, akan saya bawa cerita ini ke daerah asal saya, Batubara," ucap Indra. 

Turut hadir dan memeriahkan acara tersebut, Wadan Lantamal I, Kol. Laut (PM) Samista, S.H., seluruh Pejabat Utama dan Kasatker Lantamal I, Perwakilan Instansi TNI/Polri dan Instansi Masyarakat, Mitra Kerja Lantamal I, Pengurus Korcab I Daerah Jalasenastri Armada I serta Ribuan penggemar Gowes di Wilayah Medan dan sekitarnya.

#Jalesveva Jayamahe
Pargomgom Samudera

#Dispen Lantamal I

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Kehilangan Surat Akta Jual Beli

Kehilangan Surat Akta Jual Beli
Telah Hilang Surat Berharga Berbentuk Akta Jual Beli (AJB) No. 436/29/crg/1997 A/n: Ny Janah Binti Jamari Pada Hari Rabu tanggal 16 September 2020

Media Partner

Wikipedia

Hasil penelusuran

SerangTimur.Co.Id

Featured Post

Diapresiasi Pelaku UMKM, Ratu Tatu Dihadiahi Kue Gulacir

SERANG | Calon Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah terus mendapatkan apresiasi dari masyarakat di sela-sela kampanye pilkada Kabupaten Serang....

Berlangganan Artikel

Berita Terkini

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa