Danlantamal I Canangkan Kampung Nelayan menjadi Kampung Pelangi di Belawan

serangtimur.co.id
Senin, Januari 20, 2020 | 01:37 WIB Last Updated 2020-01-19T18:37:04Z


MEDAN (STC) Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal) Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M. didampingi Ketua Korcab I Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Nisa Rasyid meresmikan Kampung Nelayan Belawan menjadi Kampung Pelangi di Belawan, Medan Sumatera Utara, Selasa (14/01/2020).

Acara yang diawali dengan olah Raga bersama Komandan beserta seluruh Prajurit Lantamal I dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Armada pada bulan Desember lalu. Sebelumnya, Lantamal I menggelar berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Armada, diantaranya pengecatan rumah penduduk, sampan dan dermaga di Kampung Nelayan Belawan yang letaknya tepat didepan Mako Lantamal I. Selain itu Digelar juga kegiatan nikah masal yang diikuti oleh warga Kampung Nelayan.

Bhakti Sosial, Penyerahan kursi roda, Pengobatan Gratis, Penyerahan buku bacaan untuk anak-anak Kampung Nelayan, Lomba mancing, serta diselenggarakannya lomba taman dan melukis dinding (mural) di Lingkungan Mako Lantamal I.

Selesai Olah Raga bersama dengan seluruh Prajurit, kegiatan berlanjut ke Kampung Nelayan, disana Lantamal I menggelar acara program sentuhan Binpotmar Lantamal I.

Pada sambutan dalam acara tersebut, Danlantamal mengatakan, Kampung Nelayan Pelangi ini merupakan salah satu Desa binaan Potmar Lantamal I, melalui sentuhan maritim Potmar Lantamal I, Kampung Nelayan Pelangi dapat kita wujudkan bersama. Kita tentu berharap dengan terwujudnya Kampung Nelayan Pelangi ini maka akan tercipta lingkungan yang sehat, bersih dan indah serta menambah cerah lingkungan kita sehingga akan muncul minat masyarakat dari daerah lain untuk berkunjung ke kampung kita.


"Semoga kedepan Kampung Nelayan Pelangi dapat dijadikan sebagai destinasi wisata di wilayah Pantai Utara Belawan yang diharapkan akan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Danlantamal mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada instansi pemerintah dan swasta, khususnya yang berada di wilayah Belawan yang Mana telah memberikan banyak dukungan dalam program sentuhan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) Lantamal I yang sampai saat ini masih terus berlanjut.

"Saya menghimbau kepada Masyarakat Kampung Nelayan Pelangi untuk turut merawat, melestarikan, serta menjaga kampung kita agar tetap berseri, rapi, indah serta aman, yakinlah secara bertahap kampung Nelayan Pelangi akan menjadi Kampung yang indah dan sejahtera. Langkah awal dan sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan tidak membuang sampah kelaut," pungkas Danlantamal mengakhiri sambutannya.

Acara yang berlangsung sederhana dimeriahkan oleh warga yang penuh antusias menyambut perubahan warna di kampung mereka. Hampir setiap rumah yang berada di lingkungan itu dicat berwarna-warni, mulai dari dinding sampai dengan seng atau atap.

Warga yang bermukim di sana menyukai dekorasi warna yang cerah, seperti kuning, merah, hijau, putih, biru dan lainnya. Daerah yang dikenal dengan sebutan kampung nelayan, kini berubah menjadi Kampung Pelangi. Selain itu, kawasan yang biasa kumuh ini pelan-pelan beranjak akan menjadi kawasan pariwisata di Kota Medan.

Warga berharap semoga dengan perubahan yang digagas Danlantamal I melalui sentuhan  maritim Potmar Lantamal I dengan ide menjadikan kampung nelayan sebagai destinasi wisata memungkinkan warga yang sebagian besar memiliki pendapatan dari hasil melaut atau nelayan itu dapat menambah penghasilan dari sektor pariwisata.


#Pargomgom Samudora
Jalesveva Jayamahe

#Dispen Lantamal I
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Danlantamal I Canangkan Kampung Nelayan menjadi Kampung Pelangi di Belawan

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan