Jajaran Polres Serang Gelar Pengajian Rutin



SERANG (STC) - Kapolres Polres Serang Polda Banten, beserta jajarannya sebanyak 90 orang, melaksanakan kegiatan pengajian rutin Masjid As-Salam Mapolres Serang, Kamis (27/2/2020).

Hadir dalam kegiatan, Kapolres Serang AKBP Mariyono, S.IK., M.Si., Wakapolres Serang Kompol Agung Cahyono, S.IK.,  PJU Polres Serang, Ustad H. Asnawi. M.Pd, Personil Polres Serang dan ASN Polres Serang.

Kegiatan pengajian di awali dengan pembacaan surat Yassin yang dipimpin oleh Kasiwas Polres Serang Iptu Basyarudin dan di ikutii seluruh jama'ah yang hadir serta di lanjutkan ceramah Agama oleh Ustad H. Asnawi, dengan tema 'Sholat jenazah'.

Menurut, H. Asnawi, hukum sholat Jenazah dalam al Quran adalah Fadhu kifayah. Yakni hukum memandikan, menyolati, sampai mengantar ke liang lahat Saudara muslim. Dan dalam Agama Islam hukumnya adalah wajib.

Ia menjelaskan, rukun sholat jenazah terdiri dari, Niat, berdiri yang mampu, empat kali takbir, mengangkat tangan pada saat takbir, memaca surat Alfateh, membaca showalat Nabi, berdoa untuk jenazah dan salam.


"Dalam sholat di wajibkan untuk memenuhi saf atau barisan di depan terlebih dahulu karena hal tersebut merupakan syarat sah sholat," ujarnya.

Sementara, lanjut H. Asnawi, memandikan dimaksudkan agar jenazah tersebut kembali suci sebelum menemui Yang Maha Kuasa. Dan hukum memandikan jenazah dalam agama islam adalah fardu kifayah, yang berarti wajib dilakukan.

"Namun bila sudah dilakukan oleh orang lain, maka kewajiban tersebut akan gugur," jelasnya.

Selain itu, cara sholat jenazah untuk jenazah laki-laki dan perempuan berbeda pula. Jadi kamu harus memperhatikannya karena bahkan bacaan sholat jenazah untuk laki-laki dan perempuan juga berbeda sebagai bagian dari cara sholat jenazah.

"Dalam pelaksanaannya pahala seorang yang menyolati jenazah sodara muslim sangat besar pahalanya di ganjar oleh Allah SWT berlipat ganda," tutup Ustad H. Asnawi dalam ceramahnya.

#Ansori

Post a Comment

0 Comments