Perkuat Sinergitas, Polres Serang Jamin Keamanan untuk Cegah Kerawanan Pilkada 2020

serangtimur.co.id
Kamis, Februari 27, 2020 | 12:24 WIB Last Updated 2020-02-27T05:24:30Z
Kapolres Serang AKBP Mariyono, S.IK., M.Si (Foto Istimewa)


SERANG (STC) - Polres Serang Polda Banten berkomitmen kuat mengantisipasi segala potensi kerawanan Pilkada Kabupaten Serang tahun 2020. Hal tersebut dilakukan agar potensi kerawanan pilkada seperti termuat dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang di rilis Badan Pengawas Pemilihan (Bawaslu) tak terjadi di Kabupaten Serang. Demikian dikatakan kapolres serang, AKBP Mariyono, S.IK., M.Si, Kamis (27/2/2020).

Diketahui, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten merilis indeks kerawanan pemilu (IKP) untuk pilkada serentak 2020, Selasa (25/2/2020). Dalam IKP tersebut Kabupaten Serang tercatat menjadi kabupaten/kota yang paling rawan se-Pulau Jawa.

Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan, IKP yang dirilis Bawaslu merupakan deteksi dini terhadap potensi kerawanan pilkada. Data itu dapat digunakan sebagai acuan dalam memetakan strategi pengawasan pilkada.

"Ini juga tentu menjadi acuan kami dalam memetakan pengawasan pilkada, khususnya yang berkaitan dengan tugas kepolisian," katanya.

Merujuk pada IKP, bagian potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian adalah penggunaan media sosial dalam penyebaran hoax dan ujaran kebencian, serta politik uang.

"Ujaran kebencian menjadi perhatian kami supaya tidak terjadi," katanya.

Menurutnya, ujaran kebencian dan hoax rawan terjadi seiring dengan pertumbuhan media sosial yang kian pesat. Ujaran kebencian dan hoax bisa memecah belah persatuan.

"Kami mengimbau agar masyarakat cerdas dalam menggunakan media sosial, jangan menyebarkan hoax dan ujaran kebencian terlebih hanya untuk kepentingan pilkada," jelasnya.

Untuk politik uang, kata Mariyono, kepolisian akan dilibatkan dalan sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu) di bawaslu. Gakumdu ini yang akan turun tangan menyelidiki dan menindak apabila terjadi politik uang pada saat Pilkada nanti di kabupaten serang.

"Polres Serang bersama semua stakeholder baik Pemda, TNI, Tokoh tokoh ulama dan tokoh masyarakat, akan bekerja keras untuk memberikan jaminan keamanan dan bersama sama melakukan upaya pencegahan, agar masyarakat merasa aman dan nyaman," tutup AKBP Mariyono, S.IK., M.Si., lulusan AKPOL 2001 ini.

#Ansori
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perkuat Sinergitas, Polres Serang Jamin Keamanan untuk Cegah Kerawanan Pilkada 2020

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan