• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Upaya Pemulihan Ekonomi Dimasa Pandemi, Kasi Ekbang Kecamatan Kramatwatu Ajak Para Sekdes Berternak Puyuh

    Ansori S
    Thursday, December 17, 2020, Thursday, December 17, 2020 WIB Last Updated 2020-12-17T10:52:11Z



    SERANG | Sebagai upaya pemulihan ekonomi dimasa Pandemi covid-19 dan mendongkrak prekonomian di wilayah Kecamatan Kramatwatu melalui peningkatan Indeks Pembangunan Manusia(IPM) Kabupaten Serang, para Sekdes di ajak mengbangkan ternak burung puyuh.


    Seperti yang dikatakan Kasi Ekbang Kecamatan Kramatwatu Mamak Abror, MM, pihaknya mengajak kepada para Sekretaris Desa (Sekdes) di wilayah Kecamatan Kramatwatu untuk bisa melakukan pemulihan ekonomi pada masa Pandemi saat ini.


    Menurut Abror, disamping memiliki tupoksi sebagai pengabdian melayani masyarakat, diharapkan memiliki usaha sampingan yang bisa di jadikan contoh sebagai motivasi untuk usaha masyarakatnya. Dimana baru - baru ini sedang di perkenalkan dengan berdikari melalui usaha bertenak telur puyuh sebagai usaha sampingan di rumahnya. 




    Abror menjelaskan, dipilihnya jenis unggas yaitu berternak burung puyuh ini karena jenis unggas ini relatif sangat singkat reproduksinya, dari telur yang akan di tetaskan membutuhkan waktu hanya 15 s/d 17 hari, setelah menetas itu, jadilah burung puyuh yang tumbuh dan berkembang hingga kurang lebih 40 hari sudah bisa bertelur lagi dan setiap hari bertelurnya, jadi relatif sangat singkat dan yang pasti  menguntungkan.


    Dari segi pemasaran, Abror mecontohkan dari Sekdes Serdang Bapak Yunus, alhamdulillah pembeli datang sendiri setiap hari seperti pedagang makanan seblak, bubur ayam Cirebon, atau di jajakan di warung - warung.


    "Ini marketnya jelas, dan mampu meningkatkan pendapatan dan tambah - tambah uang dapur," ujarnya, Kamis (17/12/2020).




    Lanjut Abror, tujuan dari kegiatan di maksud adalah sebagai bentuk dukungan program pemerintah, yakni pemulihan prekonomian masyarakat dampak dari pandemi covid-19 yang berkepanjangan, sehingga sektor ekonomi warga harus segera pulih.


    Dan melalui sektor pengembangan usaha ekonomi produktif, disamping sebagai penguatan ketahanan pangan Desa dan dukungan juga terhadap stunting di Desa, telur puyuh di percaya meningkatkan gizi yang baik dan harga yang terjangkau dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada untuk menghasilkan uang dimasyarakat.


    "Semoga upaya-upaya ini mampu di suport juga oleh Dinas (instansi) terkait untuk memberikan penyuluhan dan alat bantu tetas telur, sehingga masyarakat termotivasi untuk bisa membentuk kelompok dan berternak puyuh di wilayah Kecamatan Kramatwatu pada khususnya, dan Kabupaten Serang secara umum," pungkasnya.


    #Ansori


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Upaya Pemulihan Ekonomi Dimasa Pandemi, Kasi Ekbang Kecamatan Kramatwatu Ajak Para Sekdes Berternak Puyuh

    No comments:

    Post a Comment

    Kirimkan Komentar Anda di Kolom ini

    Iklan

    Close x