Cegah DBD, Tokoh Pemuda ini Semprotkan Fogging di Desa Parigi Kecamatan Cikande

SERANG | Selain menghadapi ancaman Covid-19, pada bulan warga Desa Parigi, Kecamatan Cikande juga sedang menghadapi musim penghujan, sehingga masyarakat perlu mewaspadai ancaman wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), dimana kasus DBD cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya.


Pada kesempatan, ini salah satu tokoh Pemuda Desa Parigi memonitor kelapangan bahwa masyarakat Desa Parigi butuh antisipasi mewabahnya penyakit DBD, dimana Demam Berdarah Dengue merupakan salah satu penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti.


Atep Masria BM, S.H., M.H., selaku tokoh pemuda Desa Parigi, mengatakan, nyamuk berbintik hitam putih ini dapat berkembang biak pada air bersih seperti bak mandi, vas bunga, ember yang menampung air, dan lainnya.


Sehingga, kata Atep, praktik pencegahan DBD dengan menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3 M juga harus senantiasa dilakukan.


Atep mempertahankan, M Plus pertama yaitu menguras, merupakan kegiatan memberishkan tempat yang sering menjadi penampungan air, M kedua yaitu Menutup, merupakan kegiatan menutup rapat tempat - tempat penampungan air dan M ketiga yiatu memanfaatkan kembali limbah barang bekas bernilai ekonomis, merupakan kegiatan yang memanfaatkan kembali barang bekas yang berpotensi sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk.


Lanjut Atep, bahwa masyarakat Desa Parigi, Kecamatan Cikande, juga mengeluhkan akan keberadaan nyamuk yang sering mengganggu aktivitas mereka.

"Maka dari itu kami selaku tokoh pemuda punya inisiatif bahwa masyarakat Desa Parigi membutuhkan adanya penyemprotan (fogging) bersekala umum," ujarnya, saat ditemui di lokasi, Minggu (14/2/2021).


"Apalagi di Desa kami ada beberapa rumah warga yang kemarin terkena dampak banjir, maka dari itu penyemprotan ini juga sangat penting, untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk tersebut," tuturnya.


Atep, berhrapan masyarakat Desa Parigi dapat senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, dan juga marilah kita bersama-sama membangun desa kita, dari yang baik menjadi lebih baik lagi.


"Mudah-mudahan kegiatan kepemudaan kami ini bisa bermanfaat dan dapat dirasakan oleh masyarakat desa Parigi Kecamatan Cikande Kabupaten Serang," tutupnya.


Sementara itu, Nenek Lina (60) salah warga Kampung Parigi Kulon RT 03/04, mengungkapkan jika dirumahnya banyak nyamuk besar - besar. Dan Alhamdulillah, ketika ada pengasapan seperti ini dirinya merasa senang karena dengan adanya penyemprotan serta pengasapan ini nyamuk-nyamuk yang ada didalam rumah pasti pada mati.


"Saya ucapkan terima kasih kepada kang Atep Masria, yang sudah membuat program penyemprotan DBD ini, sehingga nenek dan warga sangat terbantu," ucapnya.


#Day_Red

Post a Comment

0 Comments