Dimasa Pandemi, Begini Cara Kepala Desa Tegalmaja Bantu Tingkatkan Ekonomi Masyarakatnya

SERANG | Masyarakat Desa Tegalmaja, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, akhir-akhir ini telah menjadi sorotan media. Pasalnya dimasa pandemi Covid-19 saat ini ternyata tidak membuat kepala Desa tegalmaja berhenti berinovasi dan mendorong masyarakatnya untuk berkreatifitas demi meningkatkan perekonomian khususnya Desa Tegalmaja, guna mencapai masyarakat yang lebih maju dan mandiri lagi.


Kepala Desa Tegalmaja, H. M Iksan melalui BumDes tidak menyerah dengan keadaan. Dengan cara membantu memasarkan produk kerajinan di marketplace atau sosial media berharap ekonomi warganya bisa stabil dan tetap kerja dirumah.


Ia juga mengatakan, bahwa masyarakat Desa Tegalmaja, miliki beberapa kerajinan yang dihasilkan diantaranya miniatur perahu, keranjang parsel, tempat kunci, tempat baju dan beberapa produk lainya.


"Saya melihat warga saya yang sudah ada dari dulu sebagai pengerajin anyaman bambu, lalu saya coba jual lewat online hasilnya alhamdulilah," katanya kepada media, Kamis (18/2/2021).


Bahkan, lanjut Ikhsan, banyak dari luar daerah memesan seperti dari Bekasi, Bogor, Karawang, Provinsi Jawa Barat dan daerah-daerah lainnya apa lagi saat kemarin tahun baru imlek.


"Cara seperti ini efektif karna warga tetap kerja dirumah, namun tetap ada pemasukan," ujarnya.


Ikhsan juga menambahkan agar produk lebih dikenal, Pemerintah Desa juga selalu membawa dan memamerkan kerajinan pada saat acara kegiatan di luar kantor Desa, seperti kegiatan Desa yang diadakan di salah satu Cottage di kawasan pantai anyer, hasilnya pun sangat memuaskan.


"Sekali lagi saya berharap kepada warga saya agar tidak bosan menuangkan ide-ide cemerlangnya ke dalam suatu karya yang mempunyai nilai ekonomis. Pastinya saya sangat suport dan mendukung penuh, dan harapan saya agar lebih di tingkatkan lagi," ucapanya.


#Asep_Redaksi

Post a Comment

0 Comments