Tingkatkan Kenyamanan Kampung Aman dan Bersih, Warga Desa Teras Adakan Gotong-royong Secara Rutin

 

Dok. Warga Desa Teras sedang Gotong-royong (ist)

SERANG
| Dalam rangka meningkatkan kenyaman lingkungan, warga Desa Teras, Kecamatan Carenang Kabupaten Serang melakukan gotong royong bersih - bersih sepanjang jalan, baik jalan poros Desa maupun jalan poros Kecamatan, Minggu (07/2/2021).


Ketua RW 05, Kampung Kompa Naman, mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan mingguan yang dilakukan oleh warga sesuai dengan anjuran Kepala Desa Teras, melalui musyawarah Desa.


"Kerena mengingat kebersihan meruapakan dari aspek yang terpenting dalam kehidupan, maka kebersihan lingkungan seabagai tolak ukur dalam aspek kesehatan warganya," kata Naman.


Kami, lanjut Naman, selaku Rukun Warga bersama warga RW 05, sangat mendukung dan menyambut baik anjuran kepala Desa Teras. Dan Alhamdulillah, warga sangat antusias bersama-sama melakukan gotong royong besih-bersih rumput yang menutupi jalan yang sekiranya mengganggu kenyaman.


Di tempat yang sama Kepada Desa Teras Atta, menuturkan, kegitan ini merupakan implementasi dari program kampung tangguh, aman dan bersih yang di laksanakan sebulan yang lalu, yang memabangkitkan kembali rasa gotong-royong di tengah masyarakat, yang saat ini hampir hilang.


Maka kami sebagai pemerintah Desa yang dekat dengan masyarakat yang bersentuhan langsung dengan warga, kami ciptakan kembali rasa gotong royong melalui kegiatan-kegiatan yang positif, seperti halnya dengan kegitan sekarang ini, bergotong royong bersih - bersih rumput yang mengganggu kenyamanan, serata mengelola pembuangan sampah yang dilakukan sebulan sekali.


Atta menambahkan, bahwa dalam penanganan sampah yang berkembang di likungan kami, kususnya Desa Teras, telah bekerjasama degan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Serang, Desa yang memfasilitasi dan memobilisasi dalam penanganannya.


Menurutnya, jika kegiatan gotong royong tersebut bagi beberapa tahap dalam pelaksanaanya, tiap seminggu sekali tiga Rukun Warga (Rw) malaksanankan kegitantan gotong royong di wilayahnya.


"Tujuannya kegitan ini agar maksimal dan merata setiap warga merasakan kebersamaan dalam gotong royong, dengan harapan tiap warga Desa Teras mempuyai rasa peduli dan memiliki betapa pentingnya kenyamanan dan kebersihan serta hidup sehat dalam suatu lingkungan," tutup Kades Teras.


#Suprani


Editor: Ansori

Post a Comment

0 Comments