Presidium NGO Banten Resmi Melaporkan Sekda Banten ke Kemendagri dan Mensesneg RI

JAKARTA | Presidium NGO Banten resmi melaporkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten, Al Muktabar ke Inspektorat Jenderal Kementrian Dalam Negeri RI dan Kantor Menteri Sekretaris Negara RI di Jakarta, Jum'at (9/4/21). 


Menurut Koordinator Presidium NGO Banten, Kamaludin, bahwa Sekda Banten dianggap tidak melaksanakan fungsinya, antara lain pengkoordinasian penyusunan Kebijakan Daerah, pengkoordinasian pelaksanaan tugas perangkat daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah dan pelayanan administrasi dan pembinaan aparatur sipil negara pada instansi daerah dan pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah terkait tugas dan fungsiya. 


Atas dasar itu, lanjut Kamal, dan berdasarkan kejadian-kejadian yang terjadi terhadap regulasi di Pemerintahan Provinsi Banten yang terkait Kepegawaian hingga tata kelola keuangan Daerah.


"Maka kami berkesimpulan, bahwa Sekda yang juga melekat sebagai Ketua Baperjakat dan Ketua TAPD, dianggap sudah tidak layak dan mampu lagi menjalankan tugasnya," tegasnya.


"Laporan sudah kami sampaikan hari ini, satu bundel berkas, dan ini sudah menjadi wewenang Inspektorat Jenderal Kemendagri RI, kita tunggu saja keputusannya nanti," imbuh Kamal.


Kamal menjelaskan, karena saat ini sedang Pandemi Covid-19, dalam menyampaikan berkas laporan tersebut, oleh pihak Kantor Kementrian jumlahnya juga dibatasi dan yang bisa diterima masuk juga harus memiliki surat keterangan hasil Swab.


"Kami mendelegasikan Ade Supriatna, wakil sekretaris DPW Solmet Banten untuk menyerahkannya secara resmi," jelas Kamal. 


Disisi lain, Wakil Sekjend Dewan Pimpinan Nasional Solidaritas Merah Putih (DPN Solmet), Yan Kawilarang mengapresiasi yang dilakukan oleh rekan-rekan Presidium NGO Banten atas fungsi kontrolnya yang dilakukan di Provinsi Banten. 


"Kami, dari Pengurus Nasional sangat mendukung, dan bahkan Ketua Umum bertemu langsung dengan Mensesneg di ruang kerjanya untuk menyampaikan laporan dan informasi data satu bundel berkas yang disampaikan langsung ke Pak Menteri," ujar Yan.


Kawilarang seraya menyatakan, bahwa selama ini Organ Relawan Solmet selalu membantu Pak Presiden dalam terwujudnya Pemerintahan yang bersih dan baik. bidang apapun demi .


Reporter: Suprani

Editor: Tians Arsy




Post a Comment

0 Comments