Tingkatkan Tata Kelola, Pemkab Serang Update SIPD

Ansori S
Rabu, April 07, 2021 | 19:51 WIB Last Updated 2021-04-07T12:51:12Z

SERANG | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) menggelar pendampingan dan update data Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) (data pembangunan) tahun 2021. Update atau memperbaharui agar data terintegrasi dengan Pemerintah Pusat. 


Inspektur Kabupaten Serang, Rahmat Jaya mengatakan, dengan dilaksanakan pendampingan dan update SIPD bertujuan untuk menyediakan informasi kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah. Menghasilkan layanan informasi pemerintah daerah yang terhubung dan terintegrasi berbasis elektronik.


"Serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel efektif dan efisien," ujar Rahmat Jaya dalam sambutannya pada pembukaan pendampingan dan update data SIPD (data pembangunan) tahun 2021 di di Greend Peak Hotel Bogor, Jawa Barat yang digelar Selasa sampai Rabu, 6-7 April 2021.


Rahmat menjelaskan, bahwa didalam SIPD ini terdiri dari informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah lainnya. Pengelolaan data berbasis elektronik digunakan sebagai dasar dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah, dan dokumen perangkat daerah berbasis elektronik.


"Karena data tersebut merupakan data perencanaan pembangunan daerah berbasis elektronik," katanya. 


Pengelolaan data juga harus memenuhi prinsip satu data indonesia berdasarkan Perpres 39 tahun 2019 tentang satu data indonesia.


"Selanjutnya hasil pengendalian dan evaluasi di integrasikan dalam aplikasi SIPD dan di gunakan sebagai dasar penyelenggaraan pemerintah daerah," ungkap Rahmat Jaya.


Dengan begitu, Rahmat berharap, peran serta aktif dari seluruh peserta pendampingan dan update data aplikasi SIPD sehingga data pembangunan Kabupaten Serang dapat terupdate dan dapat disampaikan kepada pemerintah pusat.


"Untuk para kasubag program dan operator SIPD saat ini kita memang sedang dalam situasi dengan aktivitas yang padat, dimana saat ini setiap opd sedang menyusun renstra, tetap semangat," tuturnya.


Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Bappeda Rachmat Maulana, Kepala Diskominfosatik, Anas Diw Satya Prasadya yang juag sebagai narasumber. Sedangkan narasumber dari Dirjen PEIPD Bangda Kemendagri melalui virtual.


Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Statistik pada Diskominfosatik Kabupaten Serang yang juga ketua panitia, Shinta Asfilian Harjani mengatakan, bahwa peserta pada kegiatan pendampingan dan update data SIPD adalah para kasubag program dan evaluasi sebagai pengelola data SIPD Kabupaten Serang sebanyak 50 orang.


"Para kasubag program tersebut dari OPD se Kabupaten Serang," ujarnya.


#Ansori

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Tata Kelola, Pemkab Serang Update SIPD

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan