Lapas Pemuda Tangerang Tuan Rumah Prison Art Show, Suguhkan Talenta Hingga Karya Warga Binaan

serangtimur.co.id
Sabtu, Agustus 14, 2021 | 17:23 WIB Last Updated 2021-08-14T10:23:11Z

TANGERANG | Situasi pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bersama Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang memberikan berbagai pelatihan kemandirian dan keterampilan kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).


Ini merupakan salah satu langkah untuk terus mengasah bakat dan keterampilan para WBP dalam rangka menuju Indonesia Tumbuh, Indonesia Bangkit. Karena, walaupun dari balik jeruji, mereka para WBP masih punya mimpi untuk berkreasi dan berkarya untuk ibu pertiwi.


Untuk itu, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bersama Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang menghadirkan acara Prison Art Show guna menjadi etalase talenta-talenta berbakat para WBP di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang dan Lapas/Rutan lain di wilayah Tangerang Raya.

 

Sebanyak 6 UPT Pemasyarakatan se-Tangerang Raya turut ikut andil dalam menyuguhkan talenta berbakat WBP dalam Prison Art Show kali ini.


Selain Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, ada juga Lapas Kelas I Tangerang, LPKA Kelas I Tangerang, Lapas Kelas IIA Tangerang, Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang, dan Rutan Kelas I Tangerang yang menyemarakkan kegiatan yang menjadi serangkaian acara dari 76 jam Pemasyarakatan menuju 76 tahun kemerdekaan Indonesia, Sabtu (14/08/2021).

 

Hadir langsung dalam acara ini Kadek Anton Budiharta selaku Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang besera jajaran, sekaligus mendampingi Heni Yuwono selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan beserta jajaran. Acara juga turut dihadiri oleh Agus Toyib selaku Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten yang didampingi oleh seluruh Pimti Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Banten.

 

"Prison Art Show adalah serangkaian kegiatan yang menampilkan bakat serta memamerkan seni dan kerajinan hasil dari pembinaan dan pembimbingan yang di lakukan Lembaga Pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak, Lembaga Pemasyrakatan Perempuan, dan Rumah Tahanan Negara di Indonesia. Khusus edisi kali ini, kami menampilkan hasil buah tangan dan kesenian para WBP se-Tangerang Raya," kata Heni Yuwono.

 

Kadek Anton Budiharta mengaku sangat senang dan bangga Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang bisa menjadi tuan rumah dari Prison Art Show edisi Tangerang Raya ini. Ini juga menjadi salah satu momentum untuk memamerkan hasil kerajinan dan kesenian para WBP yang telah diberikan beragam pelatihan.

 

"Ini menjadi tanggung jawab yang besar bagi kami guna menunjukkan talenta hebat yang dimiliki para WBP se-Tangerang Raya. Kami juga bangga bisa ditunjuk menjadi tuan rumah. Alhamdulillah kami bisa menyuguhkan yang terbaik," ucap Kadek Anton Budiharta.

 

Berjalan Meriah dan Tampilkan Talenta Warga Binaan Pemasyarakatan

 

Acara berjalan secara live streaming melalui platform YouTube di akun Humas Ditjenpas. Dimulai pada pukul 14.30 WIB, Prison Art Show diawali dengan penampilan Palang Pintu dari para WBP Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Acara kemudian dilanjutkan dengan seni angklung dari para anak didik LPKA Kelas I Tangerang.


Secara berturut-turut acara dilanjutkan dengan penampilan Band, musik etnik, dan lenong kabaret dari WBP Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Para WBP dari Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang juga turut hadir menampilkan Rampak Bedug yang memainkan lagu-lagu nasional seperti Manuk Dadali, Rayuan Pulau Kelapa, dan Berkibarlah Bendera Negeriku.

 

Tak lupa, Prison Art Show juga menampilkan Talk Show yang menghadirkan pembicara Agus Toyib selaku Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten yang didampingi oleh seluruh Pimti Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, serta para Kepala UPT Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten, yang dilanjutkan dengan break Solat Ashar

 

Tak hanya menampilkan kesenian music, beberapa WBP juga menampilkan tarian dan pembacaan puisi. Adalah WBP dari Lapas Kelas IIA Tangerang yang memberikan suguhan kepada penonton dengan menghadirkan penampilan Tari Gejrik, serta Akustik dan Pembacaan Puisi.


Acara kemudian ditutup dengan penampilan Band gabungan dari seluruh WBP yang mengisi acara Prison Art Show hari ini yang menyanyikan lagi dari Band Cokelat yang berjudul Bendera.

 

Acara Prison Art Show edisi Tangerang Raya disiarkan secara langsung dari akun YouTube Humas Ditjenpas pada Sabtu, 14 Agustus 2021 pukul 14.30 WIB. Tonton dan semarakkan Prison Art Show edisi Tangerang Raya dan dapatkan kesempatan untuk memenangkan 76 hadiah menarik.


Seluruh pengisi acara dan pendamping sebelumnya telah dilakukan swab antigen Covid-19 dengan hasil negatif. Selain itu, seluruh pengisi acara dan pendampingnya juga telah menerima Vaksin Covid-19. Acara Prison Art Show digelar dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat.


(*/Rls_Red)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lapas Pemuda Tangerang Tuan Rumah Prison Art Show, Suguhkan Talenta Hingga Karya Warga Binaan

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan