Dinas Perkim Kabupaten Tangerang Sediakan TPU Khusus COVID-19 di TPU Buniayu Sukamulya

serangtimur.co.id
Senin, September 06, 2021 | 10:18 WIB Last Updated 2021-09-06T03:18:35Z

TANGERANG | Jumlah Jenazah Ke 79 Dibulan Agustus Pertahun 2021 dari mulai bulan Januari Sampai dengan hari ini sebanyak 1.249 Orang,  dan Jumlah keseluruhan jenazah yang dimakamkan di TPU Buniayu Dari Maret 2020 sampai dengan saat ini total berjumlah 1.511 Orang Jenazah. Senin, (6/9/2021).


TPU Buniayu merupakan tempat pemakaman jenazah khusus COVID-19 sejak tahun 2020 dan sudah diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman (Disperkim) Kabupaten Tangerang.


Sekertaris Dinas Perumahan, Permukiman dan Pemakaman Kabupaten Tangerang, H.Ubaidillah mengatakan, angka total jenazah yang dimakamkan di TPU Buniayu terbilang cukup tinggi, mecapai 1.511 orang jenazah yang terkonformasi Covid-19.


"Angka kematian saat ini jenazah yang dimakamkan di TPU Buniayu. Angka ini memang terbilang cukup tinggi, jika ditotal sejak awal pandemi pada bulan Maret 2020, angkanya sudah mencapai 1.511 orang jenazah," katanya saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya.


Dia melanjutkan, sejauh ini pihaknya tak menemukan kendala pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Buniayu. Sebab, dari 40 hektar lahan yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Tangerang, lahan yang baru terisi yaitu sebanyak 45 persen.


"Ketersediaan lahan pemakaman di TPU Buniayu masih sangat banyak. Dengan luas 40 hektar, masih ada sekitar 1.000 petak makam khusus untuk jenazah positif COVID-19," ujarnya.


H.Ubaidillah juga menambahkan, area pemakaman di TPU Buniayu dibagi menjadi beberapa zona, baik untuk muslim, non muslim, dari luar Kabupaten Tangerang dan jenazah tanpa identitas.

"Harapan kami tidak bertambah, tapi apapun kondisinya kami siapkan yang terbaik bagi masyarakat dengan prosedur pemakaman COVID-19 dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat," paparnya.


Ditambahkan Pengawas Makam TPU Buniayu Ajat menjelaskan, Sebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Tangerang mengalami penurunan di pekan pertama Juli 2021. Hal itu terlihat dari penurunan angka keterisian ruang perawatan di sejumlah ruang perawatan di rumah sakit maupun Hotel Yasmin Tangerang, sebagai tempat isolasi pasien bergejala ringan.


Pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang saat ini keluarganya meninggal karena gejala Covid-19, Untuk saat ini angka kematian karena Covid-19 mengalami penurunan, yang sebelumnya bisa memakamkan jenazah covid-19 paling banyak 30 atau bahkan pernah sampai 40 jenazah covid-19 per/hari, dan per/bulan Juli 2021 mengalami penurunan yang sangat luar biasa, bahkan sehari bisa memakamkam jenazah covid-19 hanya 3 atau 4 jenazah.


"Biasanya banyak jenazah covid-19 yang kami makamkan, biasa per/hari 5 sampai 10 jenazah, dari awal bulan Juli 2021 mengalami penurunan yang luar biasa, karena warga msyarakat banyak yang takut dan sangat menaati protokol kesehatan yang sangat ketat, maka dari itu angka penurunan yang meninggal karena covid-19 menjadi turun, Kalau untuk lahan semuanya siap, dan petugas untuk tukang gali kubur juga siap, serta peti jenazah juga sudah kami siapkan, hanya saja untuk fasilitas yang lain sudah kami diskusikan dengan kepala dinas untuk ada penambahan seperti PJU dan jalan setapak untuk segera disiapkan, agar para peziarah bisa lebih nyaman nanti bila berkunjung ke makam keluarganya," ungkapnya.


Ajat juga mengingatkan, di masa pendemi Covid-19 ini masyarakat diimbau untuk selalu menaati protokol kesehatan dengan lebih ketat lagi dan terapkan 5M (Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan meminimalisir mobilitas), mengingat angka kasus penularan virus asal Wuhan, China, di Kabupaten Tangerang sangat tinggi. 


Salah satu warga yang keluarganya dimakamkan di TPU Buniayu mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, melalui Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman (Disperkim) Kabupaten Tangerang. Yang telah membantu proses pemakaman suami saya dengan diperlakukan secara baik serta penuh tanggung jawab.


"Sangat berterimakasih dan pelayanannya sangat baik, semua sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah, dari proses pemulasaran jenazah, seluruh prosesnya baik serta peti jenazahnya juga disiapkan, petugas pemakamannya juga menyiapkan lahan pemakaman dengan baik dan proses pemakaman juga berlangsung dengan baik, semoga menjadi ladang amal ibadah untuk para petugas pemakaman di TPU Buniayu," paparnya.


(*/Noy_Red)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Perkim Kabupaten Tangerang Sediakan TPU Khusus COVID-19 di TPU Buniayu Sukamulya

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan