Sorotan Kompolnas RI di Polres Serang Kota Polda Banten, Kaitan Pencabutan Kasus Pemerkosaan Gadis Difabel

Ansori S
Jumat, Januari 21, 2022 | 00:08 WIB Last Updated 2022-01-20T17:08:54Z
Poengky Indarti selaku Komisioner Kompolnas RI (ist) 

JAKARTA | Berkaitan dari beberapa informasi berita terkait pencabutan kasus pemerkosaan yang dialami gadis difabel inisial YA (21 th) yang ditangani Polres Serang Kota Polda Banten mendapat sorotan dari Kompolnas RI.


Disampaikan Poengky Indarti selaku Komisioner Kompolnas RI, bahwa Kompolnas RI akan melakukan klarifikasi terhadap perkara ini. Perkosaan adalah delik biasa, bukan delik aduan, sehingga meskipun pelaku bermaksud mencabut kasus, maka proses pidananya tetap harus jalan. Polisi bertugas melakukan kontrol sosial dengan melakukan penegakkan hukum terhadap pelaku kejahatan.


Oleh karena itu sangat disayangkan jika penyidik membebaskan dua orang pelaku perkosaan dengan alasan perkara sudah dicabut oleh pelapor. Alasan pencabutan laporan karena adanya perdamaian dengan cara kesediaan pelaku untuk menikahi korban yang telah hamil enam bulan juga perlu dikritisi, mengingat pelaku sebelumnya telah tega memerkosa korban, sehingga aneh jika kemudian menikahkan pelaku perkosaan dengan korban.


"Masih belum jelas, apakah pelaku sudah punya istri? Apakah korban nantinya menjadi istri kedua? Oleh karena itu patut diduga korban perkosaan yang sudah mengalami kekerasan seksual, maka akan terjadi perulangan korban menjadi korban lagi (reviktimisasi), sehingga korban harus dilindungi," ujar Poengky Indarti, Kamis (20/01/2022).


Menurut Poengky Indarti, alasan Restorative Justice (RJ) itu kasus kasus pidana yang sifatnya ringan. Bukan kasus perkosaan, apalagi terhadap difabel yang wajib dilindungi. Dalam kasus ini, sensitivitas penyidik harus tinggi.


[Goes]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sorotan Kompolnas RI di Polres Serang Kota Polda Banten, Kaitan Pencabutan Kasus Pemerkosaan Gadis Difabel

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan