Bupati Serang Salurkan Donasi untuk Korban Bencana Cianjur

Ansori S
Senin, Desember 05, 2022 | 20:19 WIB Last Updated 2022-12-05T13:19:56Z
Foto: Istimewa

SERANG | Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyalurkan donasi dari pimpinan daerah dan aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Serang untuk korban bencana gempa Cianjur, Jawa Barat. Penyerahan donasi dilakukan langsung di Pendopo Bupati Cianjur, Senin (5/12/2022).


Rombongan Bupati Serang diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Budi Rahayu Toyib mewakili Bupati Cianjur Herman Suherman yang berhalangan karena mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo. Total donasi yang diberikan sebesar Rp 506.631.500.


"Mudah-mudahan donasi ini bisa meringankan dan membantu masyarakat Kabupaten Cianjur yang terdampak bencana. Semoga juga menjadi bagian ibadah kami yang memberikan donasi ini. Dan kita semua yakin, jika kita membantu sesama, maka Allah SWT akan membantu kesulitan kita," ujar Tatu di sela-sela penyerahan donasi.


Tatu mengaku bersyukur karena jiwa sosial dan kebersamaan ASN Pemkab Serang cukup kuat.


"Alhamdulillah teman-teman ASN tergerak dan bergerak menggalang donasi. Dalam beberapa hari terkumpul dana yang menurut kami cukup lumayan. Solidaritas teman-teman ASN, Pak Sekda dan kawan-kawan, bisa diandalkan untuk membantu daerah lain saat terjadi bencana," ujar Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten ini.


Menurut Tatu, atas bencana yang terjadi, sebagai umat harus selalu berprasangka baik. Apalagi manusia tidak luput dari salah dan dosa, baik terhadap alam maupun terhadap sesama makhluk.


"Namun saat musibah, kita saling menguatkan. Dan yang paling penting, adalah bantuan kita pasca bencana, untuk proses recovery," tegas Bendahara Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ini.


Tatu mengungkapkan, para Bupati yang tergabung dalam Apkasi, juga akan menyalurkan donasi atau bantuan. Apalagi Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan sudah meninjau korban gempa Cianjur


"Kita mendapat informasi ada 57 ribu bangunan yang rusak. Pemerintah pusat tentu juga punya keterbatasan, insya Allah jika kita saling membantu, tidak akan berat," tegas Tatu.


Tatu berharap, masyarakat Cianjur diberi kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi dampak bencana, serta segera pulih seperti sedia kala. 


"Pada proses recovery ke depan, kita galang bersama. Dan kekuatan para bupati akan kami galang untuk membantu Kabupaten Cianjur," ujarnya.


Senada dengan Tatu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Toyib membenarkan bahwa tantangan paling berat adalah proses recovery pasca bencana. Sebab ada 57 ribu lebih bangunan yang rusak.


"Saat ini bantuan memang berdatangan dan kita terus memenuhi kebutuhan para pengungsi. Pasca bencana, kami harus segera memindahkan warga dari tempat pengungsian ke tempat yang lebih layak," ujarnya.


Ia menyampaikan terima kasih atas donasi yang disampaikan Pemkab Serang


"Bantuan ini akan kami manfaatkan untuk warga terdampak, dan agar bisa tepat sasaran. Semoga donasi ini merupakan amal yang dicatat sebagai ibadah atau pahala, dan mendapat lebih dari Allah SWT," ujarnya.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Serang juga meninjau lingkungan warga terdampak bencana, serta mampir ke Posko Pokja Relawan Banten di Cugenang, Kabupaten Cianjur. 


Editor: Ansori S

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Serang Salurkan Donasi untuk Korban Bencana Cianjur

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan