Tingkatkan Kualitas Para Ketua RT dan RW Pemdes Walikukun Gelar Bimtek

Ansori S
Jumat, Desember 23, 2022 | 09:59 WIB Last Updated 2022-12-23T02:59:39Z
Bimtek para Ketua RT/RW Desa Walikukun, Kecamatan Carenang (dok.ist) 

SERANG | Dalam rangka peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan RT dan RW yang dihadiri Sekmat Carenang H.Aslahudin, Tokmas Desa Walikukun Asep Faturahman Kades beserta unsur pemerintahan Desa, BPD dan seluruh RT/RW, di Aula Kantor Desa Walikukun, Kamis (22/12/2022).


Sekmat Carenang H. Aslahidin mengatakan bahwa dalam rangka peningkatan kualitas para ketua RT dan RW Desa Walikukun.


Menurutnya, peningkatan kualitas para RT dan RW sebagai dasar hukum yang tertuang dalam Undang-undang Desa Nomor 4 tahun 2014 tentang Desa dan peraturan menteri dalam negeri nomor 18 tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan Desa dan Lembaga adat Desa. 


Selain itu, Kepala Desa Walikukun Firda Hardati mengatakan, pada  kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas RT dan RW ini penting untuk memperkuat tugas fungsi para ketua RT/RW sebagai unit organisasi ‘akar rumput’ yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.


"Mereka juga sebagai garda terdepan penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya," kata Firda.


Firda menambahkan, tugas fungsi RT/RW adalah untuk membantu pemerintah desa dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif, dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayahnya.


"Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai evaluasi para RT/RW untuk menciptakan sinergitas dengan pemerintah Desa," ucapnya.


lebih lanjut Firda mengatakan, kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas RT/RW ini juga bertujuan agar Ketua RT dan RW tahu tugas dan fungsinya. Kegiatan ini atas ajuan Kepala Desa untuk.


"Kegiatan ini sesuai dengan Perbub No 37 tahun 2019 agar program tersebut dapat tersampaikan kepada RT/RW, terutama dalam pengurusan atau pembentukan RT dan RW jangan sampai salah tafsir," ujarnya. 


Kemudian para RT/RW mengaku bangga adanya kegiatan pelatihan RT/RW ini sehingga merasa terbantu dan dapat menambah wawasan serta ilmu yang didapat di pelatihan ini.


"Jadi kita lebih mengetahui sejauh mana tupoksi RT/RW, diharapkan usai kegiatan ini kami dapat merealisasikannya di lingkungan untuk memberikan pelayanan secara administrasi terhadap warga masyarakat," tukasnya. 


[Redaksi]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Kualitas Para Ketua RT dan RW Pemdes Walikukun Gelar Bimtek

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan