Hari Baden Powell, Nilai Kepramukaan Berperan Mengatasi Kenakalan Remaja

Ansori S
Rabu, Februari 22, 2023 | 08:48 WIB Last Updated 2023-02-22T01:48:35Z
Foto: Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tangerang Megi Primagara, M.I.Kom (ist) 

TANGERANG | Kenakalan remaja menjadi isu yang semakin mendesak untuk ditangani. Namun, untuk mengatasi masalah ini tidak hanya perlu tindakan preventif, tetapi juga perlu dilakukan pembentukan karakter anak dan remaja. 


Salah satu cara ialah dengan mengajarkan nilai-nilai kepanduan yang dicetuskan oleh Baden Powell melalui Gerakan Pramuka. Karena Gerakan Pramuka memiliki sistem nilai yang kuat dan konsisten yang berfokus pada pembentukan karakter yang baik dan bertanggungjawab.


Demikian kesimpulan wawancara dengan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tangerang Megi Primagara saat dihubungi redaksi via sambungan telepon terkait peringatan Hari Baden Powell yang jatuh pada hari Rabu 22 Februari 2023. 


Menurut Ketua Kwartir Ranting Tangerang Megi Primagara, Baden Powell adalah pendiri Gerakan Pramuka yang memiliki visi untuk membentuk karakter anak muda agar menjadi pribadi yang tangguh, mandiri, dan bertanggungjawab.


"Nilai-nilai kepanduan yang diajarkan oleh Baden Powell dapat membantu mengatasi kenakalan remaja dengan membentuk karakter yang baik dan bertanggungjawab," jelas Megi. 


Hal ini bisa dilihat dari nilai kepanduan pertama yang diajarkan oleh Baden Powell adalah Berbakti pada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara. Menurut Megi yang terpilih sebagai Ketua Kwartir Ranting Tangerang sejak tahun 2017, nilai kepanduan pertama ini mengajarkan para anggota Pramuka untuk memiliki rasa cinta dan tanggungjawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara.


"Dalam konteks mengatasi kenakalan remaja, nilai ini dapat membentuk karakter yang disiplin, beretika, dan bertanggungjawab," tambahnya. 


Selain itu, Megi menambahkan dalam Pramuka, para anggota juga diajarkan untuk menghormati sesama, bekerja sama, dan memiliki tanggung jawab sosial. Sehingga bisa membantu para anggota Pramuka untuk mengembangkan empati dan rasa tanggungjawab sosial yang tinggi. 


"Dalam konteks mengatasi kenakalan remaja, nilai-nilai ini dapat membantu para anggota Pramuka untuk menjadi pemimpin muda yang bisa membantu teman-temannya untuk membangun karakter yang baik dan menghindari perilaku yang tidak sehat," jelas Ketua Kwartir Ranting Tangerang Megi Primagara. 


Ketua Kwartir Ranting yang berlatar belakang profesional ini menambahkan, Pramuka menawarkan pelatihan kepemimpinan dan kemampuan sosial untuk bisa membantu para anggota Pramuka dalam membangun karakter yang baik dan berkomunikasi dengan baik. 


"Pelatihan ini, dalam konteks mengatasi kenakalan remaja, dapat mendorong para anggota Pramuka dapat menjadi pemimpin muda yang bisa membantu teman-temannya untuk membangun karakter yang baik dan menghindari perilaku yang tidak sehat," jelas Megi. 


Robert Baden Powell, dikenal sebagai Bapak Pramuka Sedunia, lahir pada 22 Februari 1857, di wilayah Paddington di pusat kota London. Baden Powell menulis banyak buku pedoman pelatihan, yang kemudian membantunya memulai Gerakan Pramuka. Saat ini, kepramukaan telah menyebar ke 216 negara dengan lebih dari 38 juta anggota.


[Redaksi]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Baden Powell, Nilai Kepramukaan Berperan Mengatasi Kenakalan Remaja

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan