Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2021 UNSERA Mengadakan Seminar Workshop “Graphic Design” Menarik di SMKN 1 Kota Serang

Ansori S
Rabu, Juli 26, 2023 | 10:13 WIB Last Updated 2023-07-26T03:13:59Z
Dok. Istimewa

SERANG | Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2021 dari Universitas Serang Raya (UNSERA) dengan penuh semangat mengadakan acara seminar menarik bertemakan “Berkarya dan Berkreasi” yang dihadiri oleh 70 siswa dan siswi di SMKN 1 Kota Serang dengan jurusan Desain Komunikasi Grafis.


Seminar ini  berfokus pada Graphic Design yang bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang komunikasi visual dan dunia desain grafis kepada siswa-siswi SMKN 1 Kota Serang. Menampilkan dua pemateri yaitu Amirul Khair dan Mis Tia.


Mis Tia sebagai pemateri pertama di seminar kali ini menjelaskan tentang komunikasi melalui Bahasa Visual. Menurutnya bahasa visual ini berfungsi sebagai penghias halaman, penambah daya tarik, penjelas pesan yang disampaikan secara tertulis dan menjabarkan atau mendeskripsikan pesan. 


Selain itu, peserta diajak untuk memahami tentang gambar yang dikerjakan secara manual seperti lukisan, ilustrasi, sketsa, karikatur, kartun dan komik.


Selanjutnya, Amirul Khair sebagai pemateri kedua membahas basic atau pengenalan dalam Graphic Design, termasuk prinsip-prinsip desain, pemilihan warna yang tepat, serta pentingnya komposisi dalam menciptakan karya grafis yang estetis dan komunikatif.


Selain itu, peserta diperkenalkan dan diajak untuk memahami perangkat lunak desain grafis populer yang umum digunakan, serta diberikan wawasan tentang tren desain terkini.


“Kami sangat bersemangat untuk berbagi pengetahuan dan wawasan tentang desain grafis dengan adik-adik di SMK 1 Kota Serang. Semoga acara seminar ini dilaksanakn dapat membuka peluang dan membantu memupuk minat mereka dalam dunia desain dan seni kreatif," ujar Amirul Khair.


Para peserta diajak untuk mengenal dasar-dasar desain grafis, termasuk teknik-teknik perancangan yang kreatif, penggunaan alat desain modern, dan penerapan prinsip desain yang efektif. Peserta seminar diberi kesempatan untuk menciptakan karya grafis sederhana dengan bimbingan para mahasiswa UNSERA melalui sebuah lomba dengan meperebutkan juara 1, 2 dan 3.


Ini adalah kesempatan yang berharga bagi siswa-siswi SMK 1 Kota Serang untuk mendapatkan pandangan praktis tentang proses kreatif dibalik desain grafis yang menarik perhatian dan komunikatif. 


Kegiatan ini adalah salah satu implementasi mata kuliah Manajemen Public yang diampu oleh ibu Dwi Nurina Pitasari sekaligus penanggungjawab kegiatan.


Komunikasi dan Desain grafis ini sebagai sarana visual untuk menyampaikan pesan, ide, atau informasi kepada khalayak melalui elemen-elemen seperti gambar, teks, warna, dan tata letak.


Penulis: Nauval Hafidz Ridollah

Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2021 Universitas Serang Raya

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2021 UNSERA Mengadakan Seminar Workshop “Graphic Design” Menarik di SMKN 1 Kota Serang

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan