Sosialisasi Jenis Sampah dan Membangun Kesadaran Anak-Anak akan Kebersihan Lingkungan Sekitar

Ansori S
Selasa, Agustus 01, 2023 | 13:12 WIB Last Updated 2023-08-01T06:12:47Z
Dok. Istimewa

SERANG | Masih rendahnya pengetahuan akan jenis-jenis sampah terhadap anak yang sudah memasuki bangku sekolah dasar sangatlah menyedihkan. Melihat fenomena yang sangat memprihatinkan tersebut mahasiswa R2 Ilmu Komunikasi Universitas Serang Raya 2021 melakukan sebuah sosialisasi bertemakan "Kenali Jenis Sampah Di Sekitarmu".


Sosialisasi ini dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juli 2023 dengan dihadiri oleh hampir dua puluh siswa/i tingkat sekolah dasar. Sosialisasi ini berjalan secara meriah karena antusiasme yang tinggi dari para peserta, pemaparan materi pun dilakukan dengan mengundang salah satu pemateri yang aktif di kegiatan cinta lingkungan.


Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang jenis-jenis sampah dan kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya. Selama sosialisasi, mahasiswa menggunakan metode yang interaktif dan menyenangkan untuk mengajarkan anak-anak tentang jenis-jenis sampah. Mereka menggunakan permainan, cerita, dan gambar untuk membuat materi lebih menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak.


Selain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak, kegiatan sosialisasi ini juga memiliki tujuan lain seperti yang dipaparkan oleh Ibu Dwi selaku dosen pengampu mata kuliah Manajemen PR. 


"Kegiatan ini bertujuan untuk melatih komunikasi dan keberanian mahasiswa dalam mempraktekkan teori yang telah didapat dalam mata kuliah Manajemen Public Relation serta mengasah kemampuan mahasiswa dalam bekerjasama dalam sebuah tim agar acara berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya. 


Pemaparan materi dibuka dengan Dina selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Serang Raya, ia mengenalkan apa itu sampah kepada para peserta lalu disambung dengan pemateri lain yaitu Malva seorang  warga sekitar yang aktif dalam kegiatan cinta lingkungan.


Ia memaparkan apa saja jenis-jenis sampah dan mendemostasikan kepada peserta yang merupakan anak sekolah dasar. Demonstrasi ini dilakukan bukan tanpa sebab karena dengan langsung mencontohkan anak-anak akan jauh lebih mudah untuk mengerti. 


Lalu dampak yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan pun turut disampaikan oleh salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Serang Raya yaitu Rey, ia menjelaskan apa saja dampak bagi lingkungan dan kesehatan yang akan terjadi jika membuang sampah tidak pada tempatnya.


Materi akhir dari sosialisasi ini adalah pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah, yang disampaikan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Serang Raya yaitu Afkaar. Ia menjelaskan bahwa penggunaan botol minum, sedotan dan tempat makan reusable sangat berguna untuk mengurangi jumlah sampah yang ada.


Anak-anak senang belajar dengan cara bermain, maka dari itu pada sesi akhir sosialisasi kali ini dilakukan sebuah permainan tanya jawab dan bagi yang dapat menjawab dengan benar akan mendapatkan hadiah. Sontak hal ini sangat menarik bagi anak-anak.


Sosialisasi tentang jenis-jenis sampah dan kebersihan lingkungan sangat penting karena anak-anak adalah generasi penerus yang akan mewarisi bumi ini. Dengan mengedukasi mereka sejak dini, kita dapat membantu menciptakan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan bertanggung Jawab dalam mengelola sampah.


"Jika tidak kita yang peduli dengan lingkungan, maka siapa lagi?" tandasnya. 


Penulis: Afkar F.Z dn Reynedi A

Mahasiswa R2 Ilmu Komunikasi Angkatan 2021 Universitas Serang Raya

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Jenis Sampah dan Membangun Kesadaran Anak-Anak akan Kebersihan Lingkungan Sekitar

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan