Ukraina: 34 pasien dirawat setelah serangan mematikan di salah satu pasar Kostiantynivka

Ansori S
Jumat, September 08, 2023 | 08:35 WIB Last Updated 2023-09-08T01:35:04Z
Dok. Kondisi korban sedang dirawat di RS Kostiantynivka (ist) 

UKRAINA | Setelah ledakan kemarin di sebuah pasar di Kostiantynivka, di wilayah Donetsk, Ukraina, Médecins Sans Frontières (MSF) telah merespons kebutuhan medis mendesak bagi orang-orang yang terluka dalam serangan tersebut.


Di rumah sakit Kostiantynivka, di mana MSF mendukung unit gawat darurat Kementerian Kesehatan, 34 pasien dirawat, dengan 15 di antaranya diklasifikasikan sebagai “kasus merah” yang memerlukan perawatan segera untuk menyelamatkan nyawa. 


“Saya segera dipanggil ke rumah sakit. Saat kami sampai, banyak orang terluka di semua ruangan dan koridor. Kebanyakan dari mereka terluka parah, mereka mengalami luka akibat ledakan ranjau dan luka bakar,” kata IIya Bilokonov, ahli anestesi MSF yang bekerja di rumah sakit Kostiantynivka, dalam keterangannya, Kamis (7/8/2023). 


“Semua ahli bedah trauma bekerja, semua ruang operasi penuh. Sayangnya, serangan terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil sering terjadi di sini," tambahnya.


Di rumah sakit, lima pasien segera dipindahkan ke ruang operasi untuk operasi darurat. MSF juga mengangkut empat pasien dalam kondisi kritis dari Kostiantynivka ke Dnipro, untuk menerima perawatan khusus. Salah satunya adalah seorang wanita muda yang memerlukan dukungan ventilasi mekanis dan perawatan medis berkelanjutan karena cedera tembus perut, trauma dada, pneumotoraks, dan kehilangan banyak darah. Ibu pasien, Inna, mengatakan putrinya sedang berjualan di pasar saat penyerangan terjadi. 


“Saya mendengar roket terbang. Saya terlempar oleh gelombang ledakan. Ketika saya bangun, saya segera berlari ke pasar. Saya merasakan bahaya,” kata Inna.


“Dia terbaring di antara dua mobil yang rusak, mobil-mobil itu terbakar. Saya mulai berteriak. Orang-orang yang lewat berlari dan menarik putri saya keluar," tambahnya.


Serangan dan ledakan hebat di kota dan pinggiran kota sekitar Kostyantynivka hampir menjadi kenyataan sehari-hari. Letaknya sekitar 20 kilometer sebelah barat garis depan kota Bakhmut, sebuah wilayah yang terbukti menjadi titik konflik utama dalam perang tersebut. Ketika garis pertempuran mulai dilanggar, tingkat risiko bagi masyarakat di Kostiantynivka dan sekitarnya meningkat. 


“Setelah serangan kemarin di Kostiantynivka, sedikitnya 17 orang dilaporkan tewas dalam ledakan tersebut, termasuk seorang anak. Rumah sakit ini menerima lebih dari 30 pasien yang terluka, banyak dari mereka berada dalam kondisi yang mengancam jiwa,” kata Referensi Medis Proyek MSF, Virginia Moneti. 


“Tim MSF bekerja sama dengan staf rumah sakit di unit gawat darurat. Pasien telah stabil dan mereka yang membutuhkan perawatan lebih khusus segera dipindahkan dari rumah sakit Kostiantynivka dengan ambulans MSF. Situasinya sangat menantang, rumah sakit dan staf medis bekerja dalam kondisi yang sulit,” lanjut Moneti. 


Rumah Sakit Kostiantynivka adalah salah satu dari sedikit fasilitas kesehatan fungsional di dekat garis depan timur. Karena banyaknya fasilitas medis di kota-kota tetangga yang hancur atau ditutup dan orang-orang di daerah tersebut termasuk staf medis harus mengungsi, rumah sakit Kostiantynivka kini juga melayani pasien dari seluruh distrik. 


Namun, dengan adanya ledakan dan bunyi alarm yang terus-menerus, kunjungan ke dokter telah berubah dari kebutuhan rutin menjadi perhitungan risiko dan sumber daya yang cermat. Banyak orang yang tetap tinggal di sekitar lokasi adalah lansia yang menderita kondisi kesehatan kronis.


Untuk memastikan kesinambungan layanan, tim MSF menjalankan klinik keliling di desa-desa dekat Kostiantynivka, yang menyediakan layanan kesehatan fisik dan mental. 


Ketika pertempuran terus berlangsung di wilayah Donetsk, tim MSF terus mendukung sistem layanan kesehatan yang merespons kebutuhan yang sangat besar, dalam kondisi sulit di garis depan dengan mengisi kesenjangan yang disebabkan dan diperburuk oleh perang.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ukraina: 34 pasien dirawat setelah serangan mematikan di salah satu pasar Kostiantynivka

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan