Membuka Pintu Canggih Pendidikan: Peran AI dalam Dunia Pendidikan

Ansori S
Jumat, Januari 12, 2024 | 09:47 WIB Last Updated 2024-01-12T02:47:05Z
Oleh: Yo Ceng Giap

Dalam era digital yang terus berkembang, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah membuka pintu canggih bagi dunia pendidikan. Teknologi ini tidak hanya mengubah cara kita belajar dan mengajar, tetapi juga meningkatkan pengalaman pendidikan bagi mahasiswa, dosen dan lembaga pendidikan.


Di Indonesia, implementasi AI dalam bidang Pendidikan semakin meningkat. Perkembangan AI semakin pesat seiring dengan penguna internet yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Berdasarkan laporan We Are Social, pada Januari 2023 tercatat pengguna internet di Indonesia sebanyak 213 juta orang atau sebesar 77% dari populasi penduduk di Indonesia.


Pemerintah Indonesia melalui Kominfo juga telah memberikan dukungan untuk pemanfaatan AI seperti menyiapkan dan mengembangkan talenta digital yang cakap teknologi AI, memfasilitasi pengembangan ekosistem dan menyusun regulasi dan tata Kelola. Pemerintah berharap dengan pemanfaatan AI pada bidang pendidikan maka kualitas pendidikan di Indonesia dapat lebih berkualitas dan menciptakan pengalaman pendidikan yang lebih inklusif.


Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan peran penting AI dalam dunia Pendidikan. Berikut ini adalah beberapa aspek penting peran AI dalam dunia pendidikan:


Personalisasi Pembelajaran 


AI memungkinkan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap mahasiswa. Sistem AI dapat menganalisis kemajuan mahasiswa dan menawarkan materi pembelajaran yang sesuai. Dalam personalisasi pembelajaran, pengajaran dan materi pembelajaran disesuaikan dengan tingkat keterampilan, minat, gaya belajar, dan kecepatan belajar masing-masing mahasiswa.


Kelas Virtual


Kelas virtual adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk menghubungkan mahasiswa dan dosen  tanpa harus berada dalam ruang fisik yang sama.


AI memungkinkan pembelajaran jarak jauh yang lebih interaktif. Dosen dan mahasiswa dapat menggunakan platform AI untuk mengadakan kelas virtual, ujian, dan bahkan memberikan umpan balik otomatis.


Kelas virtual biasanya diadakan melalui platform e-learning khusus seperti Zoom, Google Classroom, atau Microsoft Teams. Dalam kelas virtual, mahasiswa dan dosen dapat berinteraksi secara real-time.


Dosen dapat memberikan pengajaran langsung, menjelaskan konsep, dan menjawab pertanyaan mahasiswa melalui video konferensi. Kelas virtual memberikan fleksibilitas, akses ke sumber daya global, dan dapat mengatasi hambatan geografis.


Pengelolaan Data


Pengelolaan data pembelajaran mahasiswa dengan kecerdasan buatan (AI) adalah praktik yang memanfaatkan teknologi AI untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengoptimalkan data pembelajaran mahasiswa.


AI dapat membantu lembaga pendidikan mengelola data mahasiswa dan administratif dengan lebih efisien. Ini membantu meningkatkan pengambilan keputusan dan merencanakan program pendidikan.


AI digunakan untuk mengumpulkan berbagai jenis data pembelajaran, termasuk data kinerja akademik, kehadiran, interaksi online, dan perilaku belajar. Data ini dapat berasal dari platform e-learning, sistem manajemen pembelajaran (LMS), atau perangkat berbasis sensor.


Tutor AI 


Tutor AI, atau tutor berbasis kecerdasan buatan, adalah teknologi yang menggabungkan kecerdasan buatan dengan pendidikan untuk memberikan panduan, bimbingan, dan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu. Sistem tutor AI yang canggih dapat membantu mahasiswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit. Mereka dapat memberikan penjelasan tambahan dan latihan berulang.


Kesejahteraan Mental


AI digunakan untuk memantau kesejahteraan mental mahasiswa. Ini membantu mengidentifikasi masalah kesejahteraan dan memberikan bantuan yang tepat waktu.


Efisiensi Dosen


Dosen dapat menggunakan AI untuk mengotomatisasi tugas administratif dan mengefisienkan proses pengajaran.


Dengan peran AI yang semakin berkembang dalam pendidikan, kita dapat mengharapkan sistem pendidikan yang lebih inklusif, adaptif, dan efisien. Namun, penting untuk memastikan bahwa penggunaan AI di dunia pendidikan tetap memperhatikan aspek-etika serta privasi mahasiswa dan dosen.


Profil Penulis: Yo Ceng Giap adalah seorang Dosen Tetap Yayasan di Universitas Buddhi Dharma Program Studi Teknik Informatika, beliau aktif menulis buku dan artikel. Prestasi yang pernah diraih yaitu sebagai penerima hibah buku Dikti dan Juara 1 menulis artikel online. 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Membuka Pintu Canggih Pendidikan: Peran AI dalam Dunia Pendidikan

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan