Pemerintah Desa Samparwadi Kecamatan Tirtayasa Bangun Akses Jalan Pertanian

serangtimur.co.id
Minggu, Juli 21, 2019 | 22:57 WIB Last Updated 2019-07-21T16:42:59Z


SERANG, SERANGTIMUR.CO.ID | Untuk meningkatkan hasil swadaya pangan masyarakat dan hasil panen, Pemerintah Desa Samparwadi, membangun akses jalan pertanian yang berlokasi di Kampung Karang keletak 09/03 Desa Samparwadi, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang. Dimana kegiatan tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2019.

Ustad Latif mengatakan, dalam peningkatan swasembada pangan khususnya di Desa Samparwadi, kami berupaya dan bersinergi dengan pemerintah Desa.

"Ini merupakan hasil musyawarah desa (Musdes), dimana masyarakat menyetujui untuk membangun akses jalan pertanian ini," katanya kepada serangtimur.co.id, dilokasi pekerjaan, Minggu (21/7/2019).

Lebih lanjut Ustad Latif menambahkan, tahap awal kami membangun Tanggul Penahan Tanah (TPT) karena tekstur tanah di daerah tersebut sangat labil.

"Progres kegitan sekarang sudah mencapai 60%, dengan volume panjang 386 meter, tinggi 70 cm, lebar pondasi bawah 35 cm dengan galian pondasi 15 cm dan lebar atas 30 cm," tambah Bendahara Desa Samparwadi.

Ditempat yang sama, salah satu petani mengucapkan rasa terima kasih nya kepada Kepala Desa Samparwadi yang sudah berupaya semaksimal mungkin untuk membangun akses jalan pertanian ini.

"Walau statusnya pejabat sementara (PJs), beliau sangat memperhatikan masyarakatnya, terutama kami sebagai petani. Kami sangat berterima kasih atas adanya pembangunan ini, karena ini merupakan jalan satu-satunya untuk akses jalan pesawahan/pertanian," ucapnya.

Sementara itu, mandor kegiatan Payumi mengungkapkan, kegiatan ini awalnya melibatkan masyarakat setempat sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat Desa RT 08-09. Dikarenakan jarak tempuh matrial dengan objek pekerjaan terlalu jauh dikisaran dua kilo meter.

Terpisah, PJs Desa Samparwadi Kardy mengatakan, pembangunan tanggul penahan tanah (TPT) yang sedang dalam proses pelaksanaan sekarang sudah mencapai 60%, sebagaimana yang tertuang dalam rencana anggaran biaya.

"Kami sebagai Pemerintah Desa selalu monitor di lapangan. Saya intruksikan dalam komposisi matrial harus standar, agar mencapai mutu fisik yang berkualitas," katanya.

(Suprani/Lahudin)

Editor: Ansori
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Desa Samparwadi Kecamatan Tirtayasa Bangun Akses Jalan Pertanian

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan