AKBP Edhi Cahyono : Kini Jabat Mendagri, Pak Jendral Tito Pernah Jabat Kapolres Serang

serangtimur.co.id
Rabu, Oktober 23, 2019 | 20:35 WIB Last Updated 2019-10-23T13:35:44Z
Kapolres Serang Kota AKBP Edhi Cahyono, S.IK


SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG | Jauh sebelum menjabat sebagai Kapolri dan kini dipercaya menjadi Mendagri oleh Presiden Jokowi, Tito Karnavian pernah memimpin kepolisian di Polres Serang, Banten, selama tujuh bulan.

Tito saat berpangkat AKBP pernah menjabat sebagai Kapolres Serang. Kala itu belum ada pembagian wilayah administratif dan wilayah hukum (wilkum) seperti saat ini, yang terdapat Kota Serang dan Kabupaten Serang, begitu pula Polresnya kini sudah ada dua wilayah, yakni Polres Serang Kota dan Polres Serang.

"Pak Jenderal Tito Karnavian yang dipercaya menjadi Mendagri, itu pernah menjabat sebagai Kapolres Serang mulai 27 Mei 2005 sampai 8 Desember 2005. Jadi beliau bertugas di Serang sekitar tujuh bulan," ujar Kapolres Serang Kota AKBP Edhi Cahyono, S.IK., saat ditemui diruangannya, Rabu (23/10/2019).

Foto-foto Kapolres Serang sejak pertama kali hingga terahir terpampang jelas diruang tunggu Kapolres dan Wakapolres Serang Kota. Menandakan penerus tongkat estafet kepemimpinan di Ibu Kota Banten tidak boleh melupakan sejarahnya.

Tito saat pertama kali datang ke Polres Serang masih berpangkat AKBP, kemudian dia berhasil menangkap pelaku tindak terorisme dan naik pangkat menjadi Kombes Pol.

Dok. Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian

"Menurut informasi, beliau ketika menjabat Kapolres disini berpangkat AKBP, kemudian berhasil mengungkap penanganan terorisme kemudian mendapat kenaikan pangkat luar biasa menjadi Kombes," terangnya.

Edhi Cahyono berharap Tito Karnavian yang pensiun dini karena menjabat Mendagri, diharapkan bisa menjaga amanah dan memjalankan tugas dengan baik. Karena menurut Edhi, Tito mampu membawa Korps Bhayangkara meraih kepercayaan publik dan bisa mereformasi institusi ke arah yang lebih baik.

"Tentunya kita bangga dipilih Pak Presiden menjadi Mendagri. Menurut informasi yang saya terima, baru kali ini pimpinan polri yang menjabat Mendagri. Mudah-mudahan beliau bisa melaksanakan amanah dan tugas dengan baik," ujarnya.

Tak hanya Tito, ada nama Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, yang kini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri, pernah duduk sebagai Kapolres Serang. Dia lebih dulu menjadi Kapolres Serang dibandingkan Tito.

Ari Dono Sukmanto menjabat Kapolres Serang sejak 26 Maret 2003 hingga 27 Mei 2005. Usai Aridono, baru estafet kepemimpinan Kapolres dilanjutkan ke Tito Karnavian. Kedua petinggi Polri itu pernah mendiami bangunan OSVIA, sekolah pamong praja peninggalan Belanda yang masih kokoh berdiri hingga kini.

"Jadi selain Pak Tito, ada juga Pak Wakapolri yang saat ini menjabat sebagai Plt Kapolri, pernah menjadi Kapolres di Serang," jelasnya.

(Hms/redaksi)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • AKBP Edhi Cahyono : Kini Jabat Mendagri, Pak Jendral Tito Pernah Jabat Kapolres Serang

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan