Launching dan Roadshow Lomba Kampung Bersih dan Aman, Berlangsung Meriah

serangtimur.co.id
Sabtu, Oktober 19, 2019 | 18:46 WIB Last Updated 2019-10-19T11:46:52Z


SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG  | Bertempat di Alun-alun Kramatwatu Kabupaten Serang digelar Launching dan Roadshow Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 dihadiri ribuan warga dari Kecamatan Kramatwatu dan Kecamatan Waringinkurung. Acara berlangsung semarak dan meriah dengan beragam kegiatan dan perlombaan, Sabtu (19/10/2019).

Acara yang diinisasi oleh Perusahaan Media Radar Banten, Pemkab Serang, Polda Banten dan Korem 064/MY Banten, tersebut di Awali dengan gerak jalan santai mengelilingi Desa, perumahan sembari mengutip sampah di sepanjang jalan yang di lalui. Selanjutnya dimeriahkan dengan lomba cipta menu olahan sehat, senam massal, lomba polisi cilik, jalan santai sambil gotong royong, dan pengundian doorprize.

Turut Hadir dalam acara tersebut, Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si., Danrem 064/MY Kolonel Inf Widiyanto, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Mudjiharto, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tb Entus Mahmud, Direktur Radar dan Banten Raya TV Mashudi, Para Pejabat Utama Polda Banten, Kapolres Serang Kota AKBP Edhi Cahyono, S.IK., Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, S.IK., MH., Kapolres Cilegon, Dandim 0623/Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo Sirait, unsur pimpinan kecamatan Kramatwatu dan Waringinkurung, serta peserta lomba. Acara dibuka dengan simbolis menerbangkan balon secara bersamaan oleh ribuan warga.

Dalam Sambutannya Direktur Radar dan Banten Raya TV Mashudi mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si., selaku penggagas Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.


"Kami dari Radar Group mengucapkan terima kasih dan sangat bangga dan senang bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Serang, Kepolisian Daerah Banten, Korem 064/Maulana Yussuf dan seluruh jajaran. Tentunya merasa sangat terhibur karena kerja keras bersama, sekarang kita bisa membanggakan diri, Kabupaten Serang yang sebelumnya banyak sekali kampung-kampung yang dicap sebagai kampung yang kotor, sekarang kita bisa bandingkan dengan seluruh wilayah Kabupaten/Kota yang ada di Banten, ada 326 RW di Kabupaten Serang adalah kampung yang paling bersih," katanya.

"Kebiasaan membersihkan kampung, memperindah kampung, Gotong royong bersama saling bahu membahu termasuk menjaga keamanan dan ketertiban harus kita lakukan secara terus menerus dan kita tularkan kepada lingkungan kita," jelas Mashudi.

Sebelum mengakhiri sambutannnya, Masudi berharap dari acara ini kita berharap kedepan tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan.

Sementara itu, dalam Kesempatan yang sama, Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengapresiasi acara Lomba Kampung Bersih dan Aman yang digagas Radar Banten, Polda Banten, dan Korem 064/Maulana Yusuf Serang bersama Pemkab Serang. Lomba kebersihan dan keamanan ini diharapkan menjadi motivasi warga di Kabupaten Serang untuk menerapkan pola hidup bersih dan aman.

"Masyarakat sangat antusias sampai yang hadir jumlahnya ribuan membeludak," kata Pandji saat memberi sambutan pembukaan Launching dan Roadshow LKBA 2019 di Alun-alun Kramatwatu, Sabtu (19/10).


Menurut Pandji, LKBA Kabupaten Serang 2019 mampu memotivasi dan memacu kratifitas warga antar desa serta membangun kesadaran kolektif akan pentingnya kebersihan dan keamanan lingkungan.

"Karena kebersihan dan keamanan kan tanggung jawab bersama, Pemkab Serang, warga, kepolisian dan TNI saling bersinergi," katanya.

Pandji juga mengapresiasi kinerja Unsur Pemerintah Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas di desa untuk mengajak warga gotong royong membersihkan lingkungan. Dengan LKBA ini kita hidupkan kembali budaya gotong royong yang sudah hampir hilang.

"Tidak ada yang bisa menjamin kebersihan dan kemanan selain kita, warga Kabupaten Serang," ujarnya.

Panji mengatakan, Lomba Kampung Bersih dan Aman akan disenyelenggarakan setiap tahun. Katanya, dengan kategori kampung berbunga, kampung warga paling kompak, dan kampung paling hijau, bisa menjadi contoh yang baik dan membentuk kesadaran untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan.


"Membangun kesadaran harus dilakukan dengn kebiasaan yang baik, nanti kita rutinkan setiap tahun," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si., membenarkan pernyataan dukungannya secara penuh kepada Pimpinan Media Radar Banten sebagai motor penggerak, bersama TNI dan pemerintah daerah dalam menjalankan program kampung bersih dan aman ini.

Menurut Tomsi, kebersihan dan keamanan lingkungan, sudah menjadi kebutuhan utama kita, menjadi tanggung jawab kita bersama, sehingga kita bersama dan bersatoe untuk melakukan kegiatan ini dengan semangat dan mengajak peran serta aktif masyarakat dan pemerintah daerah.

"Kapolres jajaran dan kapolsek hingga Bhabinkamtibmas, sudah saya perintahkan untuk turun langsung bersama TNI dan pemerintahan guna mewujudkan program kampung bersih dan aman tahun 2019 ini," tutup Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir.

(Red)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Launching dan Roadshow Lomba Kampung Bersih dan Aman, Berlangsung Meriah

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan