SMAN 1 Cikande Raih Akreditasi A dan Berprestasi



SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG | Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN-SM) telah menetapkan hasil akreditasi untuk SMAN 1 Cikande predikat A dengan nilai 91 sangat baik untuk penilaian tahun 2019.

Penetapan SMAN 1 Cikande sebagai predikat A untuk akreditasi sesuai dengan keputusan ketua Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah Provinsi Banten.

Kepala SMAN 1 Cikande Mulyadi, S.Pd dalam wawancara bahwa SMAN 1 Cikande mampu meraih predikat akreditasi A tahun 2019 ini. Sekolah ini penegrian pada tahun 2012 dan tahun 2013 baru ada 9 rombongan belajar, untuk jumlah siswa tahun 2013 siswa baru 221, Tahun 2014 akreditasi B dengan nilai 80, dan Tahun 2019 ada 35 rombongan belajar, dengan jumlah 1.188 siswa, Tahun 2019 akreditasi A dengan 91 sangat baik.

"Ini capaian yang luar biasa, kerja keras kita di sekolah guru staf menuai hasil," ungkpanya kepada SerangTimur.co.id.

Mulyadi mengungkapkan Sekolah Menengah Negeri (SMAN) 1 Cikande terus berbenah dan memantapkan proses pendidikan untuk dapat bersaing dengan sekolah lainya. Selama ini SMAN 1 Cikande ini telah meraih berbagai prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik.


Salah satu prestasi yang membanggakan yakni, diraihnya predikat Akreditasi A (sangat baik) dari Badan Akreditasi Propinsi (BAP) Sekolah/Madrasah Provinsi Banten Tahun 2019. Selain itu rata-rata nilai UNBK program  IPA semua mapel di atas rata-rata Kabupaten Serang.

Dan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di atas rata rata nasional. Dan kemarin SMAN 1 Cikande mendapatkan juara ke- 3 LTUB tingkat Kabupaten Serang.

Sebelumnya SMAN 1 Cikande telah terakreditasi dengan nilai "B". Tahun 2019 diakreditasi kembali oleh Badan Akreditasi Nasional. (BAN S/M) Banten dan telah melaksanakan proses penilaian kelayakan madrasah terhadap 8 standar yang telah ditentukan Badan Akreditasi Nasional (BAN S/M).

Antara lain, standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar kependidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, serta standar penilaiaan, selama 4 tahun ke belakang.

"Kami sangat bersyukur dan bangga dengan predikat "A" yang diberikan BAN S/M Provinsi Banten. Semua ini dapat terwujud karena adanya kerja sama yang baik semua jajaran sekolah, baik pimpinan sekolah, guru, pegawai tata usaha, siswa-siswi dan penjaga sekolah, dan semoga prestasi ini dapat diteruskan dan ditingkatkan kedepan," pungkasnya.

Menurutnya perolehan predikat ini tidak membuat pihaknya puas diri tetapi menjadi pemicu untuk lebih meningkatkan prestasi di masa yang akan datang.

Dia juga berharap kebanggaan atas predikat "A" dilengkapi pula nantinya dengan kelulusan siswa kelas XII banyak diterima di perguruan negeri.

"Mudah-mudahan semua siswa kita lulus seratus persen tahun ini dan diterima di perguruan negeri, sehingga bisa melengkapi kebanggaan kita, setelah menerima nilai akreditasi dengan predikat ‘A," ujarnya.

(JON)

Post a Comment

0 Comments