Hadapi Cuaca Exstrime, AKBP Edhi Cahyono : Kami Terus Tingkatkan Kewaspadaan dan Penggulangan Bencana | serangtimur.co.id -->

Jumat, 10 Januari 2020

Hadapi Cuaca Exstrime, AKBP Edhi Cahyono : Kami Terus Tingkatkan Kewaspadaan dan Penggulangan Bencana



SERANG (STC) - Bencana alam dan banjir yang terjadi di wilayah Indonesia di awal tahun 2020 menyisakan duka mendalam. Tercatat, banjir terjadi di Jakarta, Bogor, Depok, Tengerang dan Bekasi.

Sementara di Banten, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Timur terjadi tanah longsor dan sebagian daerah mengalami banjir bandang.

Kapolres Serang Kota Polda Banten AKBP Edhi Cahyono menyampaikan, hingga 9 Januari 2020 dampak dari bencana banjir bandang di Lebak, menyebabkan 9 orang korban meninggal dunia, dan 1 orang korban masih dinyatakan hilang, dan seribuan warga masih mengungsi di 12 titik pengungsian yang aman dan sudah di bantu logisitik.

Polres Serang Kota, akan terus meningkatkan kewaspadaan bencana yang diprediksi masih terjadi mengingat musim hujan akan terjadi hingga Februari 2020 mendatang.

Beberapa Hal Kesiapsiagaan nya yaitu, mempersiapkan personil siaga bencana alam baik di tingkat satuan kerja di Polda maupun di satuan fungsi di tingkat polres hingga tingkat polsek.

Selain itu juga menyediakan sarana perahu karet, rakit buatan dan personil kesehatan lapangan melalui bidang kesehatan polda banten.

Adapun Dugaan Sementara Penyebab bencana banjir dan longsor itu karena hutan gundul dan lahan tidur yang tidak produktif.

"Sebab itulah Kapolri di awal Tahun 2020, memformulakan program Polri Peduli Lingkungan yang juga sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia," kata Edhi, Jum'at (10/01/2020).

Harapannya populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadinya longsor.

Realisasi program itu adalah penanaman pohon oleh anggota Polri secara nasional, dimulai dari tingkat Polsek, Polres, Polda hingga Mabes Polri, dari lingkungan kantor, Asrama Polri hingga di lahan-lahan tidak produktif baik milik Polri, pemerintah maupun warga lainnya. Kegiatan Ini mengikutsertakan jajaran TNI, Forkopimda, Pemerintah Provinsi dan Daerah, Dinas Terkait dan elemen masyarakat di provinsi banten.

"Termasuk daerah aliran sungai dan daerah pesisir Pantai anyar, carita yang biasa diberdayakan sebagai ekosistem mangrove," jelas Edhi.

Pohon yang nantinya ditanam ini, telah dipilih khusus agar bisa memberikan kemanfaatan jangka panjang hingga ke anak cucu, yang mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar termasuk pepohonan yang memproduksi beragam buah untuk dinikmati hasilnya.

"Untuk itu, semua pimpinan kewilayahan Polri perlu membangun sinergitas dengan TNI, Pemda, LSM dan perusahaan swasta. Setidaknya coorporate social responsibilty (CSR) perusahaan tersebut dapat diarahkan untuk mendukung pemulihan lingkungan hidup," ujarnya.

#Redaksi

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Afflah Ekspress






Media Partner

SerangTimur.Co.Id

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berlangganan Artikel

Berita Terkini

Wikipedia

Hasil penelusuran

Featured Post

Tingkatkan Kemitraan, Ketua IJTI Pusat Kunjungi Mapolda Kalteng

PALANGKARAYA | Kemitraaan antara  Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) dengan insan pers sudah...

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa