Lantik Pengurus LPTQ, Bupati Serang : Tujuan Utama LPTQ Bukan Juara MTQ

serangtimur.co.id
Jumat, Januari 10, 2020 | 18:39 WIB Last Updated 2020-01-10T12:10:26Z


SERANG (STC) - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melantik Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Serang periode 2020-2024. Pesan tegas disampaikan bahwa tujuan utama LPTQ bukan juara musabaqah tilawatil Al Qur'an (MTQ), tetapi mengkampanyekan pemahaman terhadap Al Qur'an kepada masyarakat.

"Juara di setiap MTQ adalah bonus hasil kerja keras. Tapi yang lebih penting, masyarakat Kabupaten Serang bisa membaca Al Qur'an secara baik dan benar, memahami kandungannya, kemudian mengamalkannya," kata Tatu usai pelantikan di Aula Tb Suwandi, Setda Kabupaten Serang, Jum'at (10/1/2020).

Tatu meminta LPTQ bisa lebih fokus pada kegiatan yang isinya mengajak masyarakat Kabupaten Serang bisa memahami, dan mengamalkan kandungan kitab suci Alquran. Dia meyakini, jika umat Islam mengamalkan isi kandungan Alquran, maka akan baik dalam menjalankan kehidupan di dunia.


"Jadi kita atau masyarakat muslim, harus mengimplementasikan secara utuh isi kandungan Alquran. Ini yang harus difokuskan jajaran pengurus LPTQ," tegas Tatu.

Tatu menambahkan, LPTQ juga harus intens melakukan komunikasi ke pondok pesantren (ponpes) untuk sama - sama mengkampanyekan pemahaman Alquran di tengah - tengah masyarakat. Selanjutnya melakukan pembinaan terhadap peserta MTQ asal Kabupaten Serang.


"Karena yang saya tahu ponpes masing - masing punya keahlian yang diajarkan secara spesifik, seperti fokus pada tafsir qur’an, kaligrafi, dan lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Serang Budi Haryadi menyatakan siap menjalankan arahan Bupati Serang. Yakni lebih fokus melakukan pembinaan dan kampanye pemahaman Alquran sampai ke tingkat Desa.


Terkait MTQ, Budi mengatakan, Kabupaten Serang punya sejarah memiliki qori putra daerah yang pada tahun 1970 sampai 1980-an, menjuarai tingkat internasional.

"Perencanaan dimulai melakukan pembinaan di tingkat Kecamatan sampai Desa. Insya Allah kalau pembinaan secara kontinu, akan menghasilkan aset yang luar biasa," ujarnya.

#Redaksi
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lantik Pengurus LPTQ, Bupati Serang : Tujuan Utama LPTQ Bukan Juara MTQ

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan