Pekerjaan Revitalisasi Sentra IKM Kelurahan Margaluyu Dipersoalkan | serangtimur.co.id

Jumat, 27 Maret 2020

Pekerjaan Revitalisasi Sentra IKM Kelurahan Margaluyu Dipersoalkan



SERANG (STC) - Pekerjaan Revitalisasi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang sedang dikerjakan CV. Gelar Putra Mandiri berlokasi di Kelurahan Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, dalam tahap pelaksanaannya dipersoalkan oleh Sekertaris Jenderal  LSM KPK Nusantara.

Menurut Sekjen LSM KPK Nusantara Aminudin, kegiatan revitalisasi dengan anggaran mencapai Rp 5.382.390.000 tersebut diduga telah mengabaikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

"Saya menduga pihak pelaksana telah mengabaikan K3 untuk para pekerja. Buktinya dilokasi tidak ada pekerja yang menggunakan safety first sebagai alat pelindung diri (APD)," kata Aminudin kepada serangtimur.co.id, Jum'at (27/03/2020).

Aminudin menambahkan, dengan adanya dugaan ini, dirinya mengharapkan kepada satuan kerja Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi (Perdaginkop) Kota Serang segera menegur pihak CV. Gelar Putra Mandiri.

"Segera tegur pihak pelaksana. Untuk hal terkecilnya saja sudah diabaikan, bagaimana nanti untuk hal yang lainnya, seperti kuantitas dan kualitas baku mutu pekerjaan," tambahnya.

Masih kata Aminudin, tadi tim Investigasi LSM KPK Nusantara menanyakan langsung kepada kepercayaan kontraktor mengapa para pekerja tidak memakai K3 dan dijawab sudah disiapkan perlengkapan K3.

"Berhubung tukangnya pada tidak mau, coba saja akang kerja paket perlengkapan K3 mau tidak, sekalian bapak suruh pekerja perlengkapan K3," katanya sembari menjelaskan informasi yang didapatkan.

Terlihat jelas mesin Concrete Mix Machine atau mesin molen sama sekali tidak digunakan, diduga hanya dijadikan dokumentasi. Padahal pada hasil penetapan pemenang lelang, alat tersebut tertera yang namanya syarat dukungan alat yang harus dilaksanakan  pada  pekerjaan.

"Tapi kenapa penyedia jasa kontraktor tidak menggunakan alat tersebut. Dimana pengawasan dari bawahan PPK dan Konsultan Pengawas sebagai tugas pungsinya dalam pengawasannya," jelasnya.

Sampai saat ini berita ditayangkan, perwakilan dari CV. Gelar Putra Madiri belum bisa dikonfirmasi.

Untuk diketahui, pekerjaan Revitalisasi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang berlokasi di Kelurahan Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang dengan nomor SPK 640/01/SP/Revitalisasi.Sentral.IKM/PERDAGINKOP-UKM/III/2020 anggaran mencapai Rp 5.382.390.000 bersumber dari Dana Alokasi Khusu (DAK) Kota Serang tahun anggaran 2020 yang sedang dikerjakan CV. Gelar Putra Mandiri dan konsultan  Tunas Pratama Konsultan.

#Lahudin

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

SerangTimur.Co.Id

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berlangganan Artikel

Berita Terkini

Wikipedia

Hasil penelusuran

Featured Post

Pakai Protokol Kesehatan, Pemkab Serang Batasi Halalbihalal

SERANG (STC) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang tetap menjaga tradisi halalbihalal pada awal masuk kerja setelah libur Idul Fitri. ...

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa